Breaking News:

Ajudan Jenderal Ferdy Sambo Ditembak

LPSK Ungkap Senyum Bharada E di Sel hingga Bicara Konsekuensi Justice Collaborator: 'Dia Harus Siap'

Bharada E kini mulai tersenyum setealah mendapat perlindungan LPSK sebagai justice collaborator.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Kolase Tribun Jakarta
Bharada E kini mulai tersenyum setealah mendapat perlindungan LPSK sebagai justice collaborator. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dalam kondisi baik setelah menjadi justice collaborator (JC) kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Juru Bicara LPSK Rully Novian mengatakan Bharada E yang kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri dijaga 24 jam penuh untuk memastikan keselamatan jiwa dan didampingi psikolog spiritual.

"Ada psiko spiritual yang cukup membantu memberikan penguatan kepada dia. Situasinya sudah bisa senyum lah," kata Rully di kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022).

Pendampingan psikolog spiritual tersebut untuk memastikan Bharada E siap memberi keterangan terkait pembunuhan berencana Brigadir J di tingkat Pengadilan nanti.

Pasalnya syarat menjadi JC tidak hanya bukan tersangka utama kasus tindak pidana, tapi siap membongkar sosok pelaku utama sejak proses penyidikan di kepolisian hingga Pengadilan.

Baca juga: Sedekat Apa Kuat Maruf dengan Ferdy Sambo? Berani Semprot Bharada E hingga Ancam Bunuh Brigadir J

"Tentunya dia harus siap menghadapi semua pemeriksaan yang akan dilalui. Karena itu konsekuensi seseorang menjadi JC. Memberikan keterangan untuk pengungkapan perkara," ujarnya.

Perihal keselamatan jiwa Bharada E selama ditahan, LPSK menempatkan tiga petugas mereka untuk mengawasi kondisi selama 24 jam penuh di Rutan Bareskrim Polri.

Sementara terkait keluarga Bharada E, LPSK menyatakan hingga kini belum menerima informasi pihak keluarga mendapatkan ancaman terkait keselamatan jiwa mereka.

"Keluarganya sampai sejauh ini aman. Tapi kita juga siap sih. Ancaman kami belum terkonfirmasi. Artinya sewaktu-waktu dibutuhkan (LPSK siap melindungi keluarga Bharada E)," tuturnya.

Dengan catatan pihak keluarga Bharada E memang bersedia dilindungi LPSK, pasalnya secara formil perlidungan diberikan bersifat sukarela dari pihak yang dilindungi.

JC Bharada E Bisa Dicabut

Status JC Bharada E bisa saja dicabut LPSK.

Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, pencabutan JC mensyaratkan jika Bharada E mengubah keterangannya terkait pembunuhan Brigadir J.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved