17 Agustus 2022

Bacakan Ikrar Kebangsaan di Kirab Merah Putih Bundaran HI, Kapolri Beri Pesan Begini

 Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan dalam acara Kirab Merah Putih di Bundaran HI, Minggu (28/8/2022).

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Elga H Putra
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan dalam acara Kirab Merah Putih di Bundaran HI, Minggu (28/8/2022). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan dalam acara Kirab Merah Putih di Bundaran HI, Minggu (28/8/2022).

Ribuan masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, mengikuti pawai atau Kirab Merah Putih yang digelar dari kawasan Monas, hingga ke Bundaran HI sebagai titik akhirnya.

"Kita bersama-sama mengikuti kirab Merah Putih. Diawal, tadi dibuka oleh Bapak Presiden (Jokowi), diikuti rombongan. Mulai dari marching band, paskibraka, dan rombongan bendera merah putih yang diikuti berbagai macam elemen massa,"

"Elemen mahasiswa, ormas, NU, Muhammadiyah dan berbagai macam seluruh elemen ikut. Alhamdulillah kita semua pagi hari ini bisa hadir dan bersumpah untuk sama-sama membacakan ikrar kebangsaan," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Minggu (28/8/2022).

Iring-iringan pawai, dilepas secara langsung oleh Presiden Jokowi dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Baca juga: Presiden Jokowi Lepas Kirab Merah Putih Sepanjang 1,7 Km di Istana Merdeka, 2 Tokoh Ini Mendampingi

Pasukan marching band dan paskibraka, memimpin rombongan pada barisan depan.

Pawai tersebut juga diikuti oleh peserta dengan busana daerah, dan pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 1.700 meter.

Selanjutnya, peserta pawai bergerak dari kawasan Monas, melewati Patung Kuda, Sarinah, dan berakhir di Bundaran HI.

Kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter yang dibawa oleh puluhan ribu warga melintasi Jalan MH Thamrin mulai kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022).
Kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter yang dibawa oleh puluhan ribu warga melintasi Jalan MH Thamrin mulai kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Acara ini dilanjutkan dengan pembacaan ikrar kebangsaan yang dipimpin oleh Habib Luthfi bin Yahya.

Kapolri pun turut menyinggung perjuangan bangsa Indonesia saat masih dijajah oleh bangsa asing.

"Saya ingin ingatkan terkait ikrar yang barusaja kita bacakan, para pendahulu kita 350 tahun lalu kita semua sadar bahwa kita bisa dipecah, kita bisa dijajah, karena saat itu kita semua terpecah belah. Saat itu, para pemuda, tokoh, dan ulama bersatu sama-sama sepakat memperjuangkan kemerdekaan," kata Kapolri.

"Alhamdulillah, dengan persatuan dan kesatuan yang sama-sama kita lakukan pada saat itu dari seluruh pelosok negeri, maka pada tanggal 17 Agustus 1945 dipimpin Bung Karno dan Bung Hatta kita menyatakan proklamasi kemerdekaan," sambungnya.

Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan! Menangkan Beasiswa Juara 2022 dari Kemendikbud-Lotte, Cek Syaratnya

Ia pun berpesan agar masyarakat Indonesia bisa terus menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan.

Sebab, sudah menjadi tugas bersama sebagai warga negata untuk bisa terus menjaga keutuhan dan juga semangat persatuan bangsa Indonesia saat ini.

"Tentunya semangat itulah yang tentu harus kita jaga, semangat persatuan dan kesatuan. Ini adalah tugas kita untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved