Ajudan Jenderal Ferdy Sambo Ditembak

"Bukan Ikut Ibunya," Beda Sikap KPAI dengan Kak Seto Soal Pengasuhan Anak Ferdy Sambo

Komisioner KPAI Retno Listyarti beda sikap dengan Ketua LPAI Kak Seto soal pengasuhan Irjen Ferdy Sambo. Ini beda sikapnya.

Kolase Foto Tribun Jakarta
Kolase Foto Ketua LPAI Kak Seto, Ferdy Sambo-Putri Canrawathi dan Komisioner KPAI Retno Listyarti. Komisioner KPAI Retno Listyarti beda sikap dengan Ketua LPAI Kak Seto soal pengasuhan Irjen Ferdy Sambo. Ini beda sikapnya. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Komisioner KPAI Retno Listyarti beda sikap dengan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi alias Kak Seto soal pengasuhan Irjen Ferdy Sambo.

Sikap Kak Seto menyarankan kepada Polri agar memberikan sel khusus kepada Putri Candrawathi sehingga bisa bersama anak bungsunya.

Hal itu berbeda dengan sikap KPAI yang justru menyarankan agar hak pengasuhan anak tersebut dialihkan ke keluarga terdekat, jika Putri ditahan.

"Terkait anak (Ferdy Sambo) yang batita bagaimana pengasuhannya ketika ibunya kelak ditahan atau dipenjara, maka KPAI menyarankan untuk anak dipindahkan pengasuhannya kepada keluarga terdekat," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti, Minggu (28/8/2022).

Retno menuturkan anak bungsu Ferdy Sambo bisa diserahkan kepada kakek atau nenek. Selain itu, anak Putri Canrawathi bisa juga diasuh paman dan bibi.

Baca juga: Reaksi Ferdy Sambo Lihat Saksi Menangis Dicecar Para Jenderal Komisi Etik, Terancam 7 Tahun Penjara?


Retno lanjut mengungkapkan tata pengasuhan tersebut.

Hal itu sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2017.

Komisioner KPAI Retno Listyarti di SMAN 12 Kota Bekasi.
Komisioner KPAI Retno Listyarti di SMAN 12 Kota Bekasi. (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Anak batita bisa diasuh oleh keluarga terdekat bila orangtuanya harus menjalani hukuman penjara.

Dia juga menilai, pengasuhan oleh keluarga dekat jauh lebih baik ketimbang ikut ibunya di dalam sel tahanan, terlebih bayi 18 bulan tersebut sudah banyak pergerakan.

Selain itu, Retno berujar, tahanan dan penjara bukan yang cocok untuk tumbuh kembang anak.

Baca juga: Ikut Susun Rencana Bareng Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Tak Akui Bantu Suami Habisi Brigadir J

"Untuk kepentingan terbaik bagi tumbuh kembang anak, maka anak sebaiknya dialihkan pengasuhannya kepada keluarga terdekat dari ayah atau ibunya, bukan ikut ibunya jika ditahan," tegasnya.

Retno menuturkan pemberian ASI bisa dipompa dan dikirim langsung kepada anaknya.

Sedangkan untuk anak-anak Ferdy Sambo yang sudah menginjak dewasa, menurut Retno, mereka berhak atas perlindungan dari perundungan.

Nasib Putri Candrawathi bakal terlihat hari ini setelah terseret kasus kematian Brigadir J, Jumat (26/8/2022). Sedangkan suaminya, Ferdy Sambo kemarin dipecat secara tidak terhormat dari polri. Begini tanggapan keluarga Brigadir J.
Nasib Putri Candrawathi bakal terlihat hari ini setelah terseret kasus kematian Brigadir J, Jumat (26/8/2022). Sedangkan suaminya, Ferdy Sambo kemarin dipecat secara tidak terhormat dari polri. Begini tanggapan keluarga Brigadir J. (Kolase Tribun Jakarta)

Hal ini sesuai dengan pasal 59 UUPA dan PP Nomor 78 Tahun 2021 tentang Perlindungan Khusus Anak.

Usul Kak Seto

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved