Pemerintah Naikan Harga BBM, DTKJ Usulkan Tarif Angkutan Umum di Jakarta Naik Rp1.000 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengungkap usulan kenaikan tarif angkutan umum dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Kolase Tribun Jakarta/ Tribunnews
Ilustrasi BBM dan angkutan umum - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengungkap usulan kenaikan tarif angkutan umum dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dinas Perhubungan DKI  Jakarta mengungkap usulan kenaikan tarif angkutan umum dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Setelah melakukan pembahasan tarif angkutan umum, akhirnya DTKJ mengusulkan atau merekomendasikan kenaikan tarif angkutan umum sebesar Rp1.000.

"Untuk tarif reguler pagi ini saya sudah menerima rekomendasi DTKJ yang ditujukan ke Pak Gubernur itu ada usulan kenaikan Rp 1.000 rupiah. Jadi tarif atasnya Rp 5 ribu, maka mereka usulakn agar kenaikan Rp1.000 jadi Rp 6 ribu," ujar Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis (8/9/2022).

Namun, untuk tarif Tranjakarta atau seluruh yang sudah terintegrasi dengan program Jaklingko tidak mengalami kenaikan.

Sehingga hasil usulan ini bakal diproses ke pihak eksekutif untuk melahirkan Keputusan Gubernur (Kepgub) sebagai payung hukum.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Bekasi Sesalkan Kebijakan Kenaikan BBM: Mudah-mudahan Pemerintah Tinjau Kembali

"Ini tentu akan kami proses untuk ditetapkan keputusan gubernur. Setelah diterima hari ini tentu disampaikan ke Pak Gubernur untuk diproses keputusan gubernurnya," lanjutnya.

Diwartakan sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah lakukan pembahasan dengan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) terkait tarif angkutan umum.

Ilustrasi kenaikan harga BBM - Pemerintah dikabarkan segera mengeluarkan kebijakan kenaikan harga BBM jenis Pertalite menyusul anggaran fluktuasi harga minyak dunia dan potensi anggaran subsidi energi di APBN akan jebol.
Ilustrasi kenaikan harga BBM - Pemerintah dikabarkan segera mengeluarkan kebijakan kenaikan harga BBM jenis Pertalite menyusul anggaran fluktuasi harga minyak dunia dan potensi anggaran subsidi energi di APBN akan jebol. (My Pertamina)

Pasalnya, tarif angkutan umum diketahui bakal segera naik menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

"Untuk tarif layanan angkutan umum reguler atau angkot-angkot yang belum terintegrasi dengan Program Jaklingko saat ini sedang dibahas oleh DTKJ untuk selanjutnya diusulkan ke Gubernur untuk ditetapkan," ucap Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Rabu (7/9/2022).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved