Tour of Kemala Belitong 2022 Sukses Dilaksanakan, UMKM Lokal Bangkit dan Bergairah

Kompetisi bersepeda internasional bertajuk Tour of Kemala 2022 berjalan dengan sukses dilaksanakan, pada Sabtu (17/9/2022).

Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Kompetisi bersepeda internasional bertajuk Tour of Kemala 2022 berjalan dengan sukses dilaksanakan, pada Sabtu (17/9/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Kompetisi bersepeda internasional bertajuk Tour of Kemala 2022 berjalan dengan sukses dilaksanakan, pada Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan yang digagas oleh Yayasan Kemala ini memilih Kepulauan Belitung sebagai lokasi kompetisi diikuti peserta lokal maupun mancanegara serta berlangsung tanpa kendala berarti.

Selain itu, perhelatan ini juga memiliki dampak positif bagi pariwisata dan membangkitkan gairah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat.

Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala sekaligus Ketua Pelaksana Tour of Kemala 2022, Winny Agung Budi Maryoto, mengatakan lokasinya perlombaan dipilih karena memiliki keindahan wisata yang tak diragukan lagi. 

"Kami sangat bersyukur kegiatan Tour of Kemala 2022 bisa berlangsung aman dan sukses bagi penyelenggaraannya. Selain itu, ajang balap sepeda ini turut menumbuh kembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bangka Belitung," ujar Winny.

Mengangkat tema "Bersinergi untuk Negeri", Tour of Kemala 2022 ini dirancang dengan standar balap sepeda internasional dan mendapatkan dukungan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Tour of Kemala ini diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan dan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale), sebagai bagian dari UCI Grandfondo.

"Harapannya, Tour of Kemala 2022 ini bisa menjadi ajang pengembangan sport tourism atau wisata olahraga," imbuh Winny.

Baca juga: Jakarta Punya Gerbang Megah Bak Arc de Triomphe di Prancis, Akhirnya Musnah di Era Ini

Lebih jauh Winny mengatakan, Bangka Belitung dipilih sebagai tempat ajang perdana kegiatan ini menyusul wilayah tersebut memiliki keindahan alam maupun fauna.

Selain gugus pantainya, Kepulauan Belitung memiliki bebatuan unik sehingga ditetapkan UNESCO sebagai global geopark.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved