Anies Baswedan Bangun 583 Sumur Resapan di Pasar Cipinang: Air Hujan Tak Dialirkan ke Gorong-gorong

Anies Baswedan membangung 583 sumur resapan di Pasar Induk Cipinang. Tujuannya agar air hujan tak disalurkan ke gorong-gorong, Kamis (22/9/2022).

Nur Indah Farrah Audina/TribunJakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022). Anies Baswedan membangung 583 sumur resapan di Pasar Induk Cipinang. Tujuannya agar air hujan tak disalurkan ke gorong-gorong, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Sebanyak 583 sumur resapan dibangun di kompleks Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan komplek Pasar Induk Cipinang sudah mengalami revitalisasi.

Di mana, dalam revitalisasi tersebut menghadirkan fasilitas penunjang termasuk penerapan prinsip zero run off guna mencegah terjadinya banjir.

"Komplek Pasar Induk Cipinang ini, itu dilakukan revitalisasi dan salah satu unsur revitalisasinya adalah membuat kawasan ini jalannya lebih baik, lebih rapi, kemudian bisa buatkan juga prinsip zero run off, artinya air hujan yang jatuh di dalam kompleks ini tidak dialirkan ke gorong-gorong di luar. Tapi disiapkan sumur resapan Ada berapa pak suresnya? 583 sumur resapan," ungkapnya di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan, prinsip zero run off yang diterapkan membuat air hujan yang turun tak mengalir langsung ke saluran air seperti selokan dan gorong-gorong di sekitar kawasan tersebut.

Baca juga: Anies Baswedan Minta Ada Program Belanja ke Pasar Bawa Anak, Khawatir Generasi Muda Tak Bisa Menawar

Baca juga: Anies Baswedan Sindir Pejabat Pasar Jakarta: Jangan Semata-Mata Ini Cara Tingkatkan Pundi-Pundi

Maka bila terjadi banjir di sekitar lokasi, genangan tersebut bukan berasal dari Pasar Induk Cipinang.

"Jadi prinsip zero run off artinya kalau ada air di luar sini maka Pasar Induk bisa bilang kami tidak menyumbang air keluar, karena seluruh airnya dipertahankan di dalam pagar, tapi diturunkan ke dalam tanah," lanjutnya.

"Sumur resapan diterapkan, lalu teman-teman bisa lihat di sini, ada sebuah lokasi yang dibangun untuk para pekerja buruh di pasar induk ini. Sehingga mereka lebih punya tempat tinggal yang lebih layak, dan yang tempat tinggal yang seperti nyaman dibandingkan sebelumnya. Itu beberapa tambahan dari revitalisasi Pasar Induk Cipinang," pungkasnya.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved