Learning Loss Akibat Pandemi Covid-19, Sekolah di Kota Tangeran g Mulai Diberi Pelatihan SDM

Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengaku munculnya fenomena krisis tata krama alias sopan santun siswa Sekolah Dasar (SD) sejak pandemi Covid-19.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Jaisy Rahman Tohir
ISTIMEWA
PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk menyambangi SDN 3 Tangerang untuk pembentukan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai bentuk CSR, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Dinas Pendidikan Kota Tangerang mengaku munculnya fenomena krisis tata krama alias sopan santun siswa Sekolah Dasar (SD) sejak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, imbas dua tahun terpapar Covid-19 muncul krisis sopan santun dan etika bersosialisasi siswa SD di wilayahnya.

Sebab, pada tahun 2022 sampai 2022 awal semua siswa di Indonesia dipaksa untuk menuntut ilmu secara online tanpa bertemu guru.

"Dua tahun kemarin belajar secara virtual dan ini anak kemandiriannya selama dua tahun itu jadi lemah semua," ujar Jamaluddin di SDN 3 Tangerang, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, fenomena tersebut biasa dikenal dengan learning loss.

Di mana, para siswa kehilangan pengalaman pembelajarannya secara maksimal akibat tidak terawasi secara ketat.

Baca juga: Banyak Siswa Kelas 2 SD Belum Bisa Baca, Pemkot Tangsel Diminta Introspeksi

Hal itu, lanjut Jamaluddin, mengakibatkan minimnya sopan santun dan kemandirian siswa dalam menuntut ilmu.

"Learning loss selama dua tahun semoga puluh kembali dan anaka-anak sopan santunnya bisa bagus, kemandiriannya juga, dan ketiga kualitas pendidikan meningkat," tutur Jamaluddin.

Berangkat dari isu yang tidak hanya terjadi di Kota Tangerang, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk pun menyambangi sekolah dasar (SD) untuk pembentukan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved