Pilpres 2024

Anies Baswedan Ngaku Siap Jadi Capres 2024, Partai Politik Banyak yang Melirik:Enggak Ada yang Genit

Anies Baswedan menyebut tak ada partai politik yang 'genit' usai dirinya mengaku siap jadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-I Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta di Grand Paragon Hotel, Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022) - Anies Baswedan menyebut tak ada partai politik yang 'genit' usai dirinya mengaku siap jadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tak ada partai politik yang 'genit' usai dirinya mengaku siap jadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

"Engga ada yang genit-genit. Ini tuh persoalan yang serius, yang besar, jadi saya pun melihat partai sedang berproses. Kemudian percakapan dengan partai sedang terjadi, jadi kita hormati proses itu, dan saya pun sedang fokus pada Jakarta," kata Anies di Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022).

Orang nomor satu di ibu kota ini terus menyebut akan fokus menyelesaikan tugasnya sebagai kepala daerah.

Selain itu, Anies memang kerap menjadikan hal tersebut sebagai jawaban ketika ditanya oleh awak media.

Masa bakti yang tersisa tiga pekan lagi, membuat Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memilih fokus pada Jakarta.

Baca juga: Saking Banyaknya, Anies Baswedan Samakan Sampah di Pintu Air Manggarai Setara 1 Bus Transjakarta

"Jadi lebih baik saya tuntaskan dulu disini, sambil partai juga sedang berproses dan di partai saya lihat juga semua sedang serius memikirkan soal ini. Mereka tidak ada istilah soal genit, engga ada itu. Mereka memikirkan itu semua dengan keseriusan gitu. Dan, saya tahu karena saya komunikasi dengan teman-teman banyak di partai," lanjutnya.

"Dan dari situ saya dengar juga pembicaraan percakapan mereka itu bukan sekadar survei-survei saja, banyak faktor-faktor lain yang mereka percakapkan," tandasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-I Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta, Minggu (25/9/2022) malam.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-I Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta, Minggu (25/9/2022) malam. (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA)

Diwartakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap jadi calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Orang nomor satu di ibu kota ini menyebut, dirinya siap jadi capres 2024 bila ada partai politik (parpol) yang mau mengusungnya.

"Saya siap maju sebagai presiden bila ada partai yang mengusung," ucapnya dilansir dari Reuters, Jumat (16/9/2022).

Gubernur Anies Baswedan pun mengaku kaget saat elektabilitasnya meroket dalam setiap survei.

Dalam setiap jajak pendapat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, nama Anies Baswedan tak pernah absen dari tiga besar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-I Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta, Minggu (25/9/2022) malam.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) Ke-I Serentak DPC PPP Se-DKI Jakarta, Minggu (25/9/2022) malam. (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA)

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," ujarnya.

Sebagai informasi, belakangan Gubernur Anies Baswedan memang dikaitkan dengan sejumlah parpol.

Bahkan, namanya masuk dalam bursa capres Partai Demokrat, NasDem, PKS, hingga PAN.

Walau demikian, belum ada satu pun parpol yang mendeklarasikan bakal mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024 mendatang.

Baca juga: Direkomendasikan PPP Jadi Capres, Anies Baswedan Fokus Selesaikan Tugas di DKI: Saya Akan Tuntaskan

Beberapa tokoh politik lainnya, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Ketua DPR RI Puan Maharani pun disebut-sebut bakal jadi saingan Anies dalam Pilpres 2024.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved