Anies Baswedan Targetkan 20 Sekolah Berkonsep Net Zero Carbon Diresmikan Tahun Depan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan Jakarta punya 24 sekolah dengan konsep Net Zero Carbon. Targetnya 20 sekolah diresmikan tahun depan.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022). Anies Baswedan menargetkan Jakarta punya 24 sekolah dengan konsep Net Zero Carbon. Targetnya 20 sekolah diresmikan tahun depan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR MINGGU - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan Jakarta punya 24 sekolah dengan konsep Net Zero Carbon.

Hal ini disampaikannya setelah meresmikan empat gedung sekolah di Jakarta dengan konsep Net Zero Carbon di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan.

Untuk tahun ini, empat sekolah yakni SDN Duren Sawit 14 Jakarta Timur, SDN Grogol Selatan 09 Jakarta Selatan, SDN Ragunan 08 pagi, 11 petang, Jakarta Selatan, SMAN 96 Jakarta Barat sudah diresmikan.

Sementara 20 sisanya ditargetkan pada tahun 2023 mendatang atau setelah orang nomor satu di DKI lengser sebagai kepala daerah.

"Ini kita baru mulai empat, nanti bertahap. Prinsip kami begini, dibuat dulu, dijadikan contoh semua melihat lalu yakini, ketika yakin maka penganggarannya pun menjadi lebih mudah karena sudah lihat contohnya. Nah dengan adanya 4 contoh dan tahun 2023 ada 20 sekolah lagi," ujarnya di lokasi, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Tiga Parpol Nyaris 100 Persen Usung Anies Baswedan Jadi Capres, Deklarasi Saat Hari Pahlawan

Seluruh gedung sekolah yang mengusung konsep ini menyesuaikan dengan zaman. Di mana dibangun dengan konsep abad ke-21 dan ramah lingkungan.

Oleh sebab itu, Anies berharap bakal ada banyak sekolah yang menerapkan konsep seperti ini.

"Jadi ini adalah sekolah negeri pertama di Indonesia yang menggunakan konsep net zero. Dengan peresmian ini kita harap project ini bisa diteruskan sehingga nantinya adalah sekolah konsep abad 21, konsep ramah lingkungan," lanjutnya.

"Jadi harapannya nanti kita tahu bahwa sekolah yang kita butuhkan seperti ini. Kalau kemarin masih dalam bentuk maket, bentuk gambar, itu belum lihat langsung. Sekarang dengan ada 4, tahun depan 20. Harapannya tahun-tahun berikutnya bisa lompat lebih tinggi. Kalau lompat 20 kan 5 kali ya, mudah mudahan nanti bisa 100 bisa 500. Harapannya terus menerus Jakarta sekolahnya menjadi sekolah yang ramah," pungkasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan empat gedung sekolah di Jakarta dengan konsep Net Zero Carbon di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan empat gedung sekolah di Jakarta dengan konsep Net Zero Carbon di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Diwartakan sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta membangun empat gedung sekolah di Jakarta dengan konsep Net Zero Carbon.

Sekolah berkonsep Net Zero Carbon merupakan bangunan sekolah beremisi rendah, dimana sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan.

Oleh sebab itu, secara emisi karbon yang dihasilkan juga sangat minim.

Adapun empat gedung sekolah yang sedang direvitalisasi menjadi konsep Net Zero Carbon tersebut, meliputi SDN Duren Sawit 14 Jakarta Timur, SDN Grogol Selatan 09 Jakarta Selatan, SDN Ragunan 08 pagi, 11 petang, Jakarta Selatan, SMAN 96 Jakarta Barat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved