Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022

Korban Meninggal 174 Orang, Polisi Sudah Minta Perubahan Jadwal Arema vs Persebaya Tapi Ditolak LIB

Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memakan ratusan korban jiwa. Polisi sempat meminta perubahan jadwal.

SURYAMALANG.COM/Purwanto
Kerusuhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Polisi sempat meminta perubahan jadwal laga tapi ditolak PT LIB. 

TRIBUNJAKARTA.COM,JAKARTA - Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam memakan ratusan korban jiwa.

Update terakhir menurut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyatakan korban meninggal dunia kini berjumlah 174 orang.

Sebenarnya, Polres Malang telah meminta laga tersebut dimajukan pukul 15.30 WIB. Hal itu terbukti adanya permintaan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat untuk merubah jadwal pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Tak hanya pihak kepolisian, Panpel Arema FC juga sempat mengajukan perubahan jam kick off laga lawan Persebaya dengan mengirim surat pengajuan perubahan kepada PT LIB

Dalam surat B 2156/IX/PAM 3.3/2022 tertanggal 18 September 2022 meminta agar panitia pelaksana Arema FC untuk merubah jadwal pertandingan pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dengan alasan keamanan.

Baca juga: Sikapi Tragedi Kanjuruhan, LaNyalla Minta Semua Pihak Evaluasi Pola Stewards sesuai Regulasi FIFA

Dalam surat tersebut Kepolisian meminta agar jadwal pertandingan Arema vs Persebaya pada 1 Oktober 2022 dimajukan pukul 15.30 WIB yang sebelumnya dijadwalkan oleh pihak PT Liga Indonesia Baru pukul 20.00 WIB.

Serta Perkiraan Intelejen Singkat Nomor: R/KIRKAT-110/IX/2022/Intelkam tertanggal 13 September 2022 tentang kerawanan sepak bola Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya.

Sehubungan dengan rujukan di atas, bersama ini mohon bantuannya kepada Panpel Arema FC agar mengajukan surat permohonan perubahan jadwal pertandingan sepakbola BRI Liga 1 Tahun 2022 kepada PT Liga Indonesia terkait rencana pertandingan sepakbola antara Arema FC vs Persebaya pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2022 yang sedianya main pada pukul 20.00 WIB agar diajukan menjadi pada pukul 15.30 WIB dengan pertimbangan keamanan,” demikian tertulis dalam surat tersebut.

Foto surat Kapolres Malang (kiri) perihal permohonan perubahan jadwal pertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya kepada Panpel Arema agar menyurati PT LIB. Foto surat jawaban PT LIB (kanan) yang meminta Panpel Arema tetap menjalankan laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 1 Oktober pukul 20.00 WIB.
Foto surat Kapolres Malang (kiri) perihal permohonan perubahan jadwal pertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya kepada Panpel Arema agar menyurati PT LIB. Foto surat jawaban PT LIB (kanan) yang meminta Panpel Arema tetap menjalankan laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 1 Oktober pukul 20.00 WIB. (Kolase TribunJakarta.com)


Permintaan itu dijawab oleh pihak PT Liga Indonesia Baru melalui surat yang ditandatangani oleh Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita dengan nomor 497/LIB-KOM/IX/2022, 19 September 2022. Dalam surat tersebut berbunyi pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022 dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yakni pukul 20.00 WIB.

Pada isi surat tersebut, PT LIB menegaskan bahwa pertandingan antara Arema FC vs Persebaya tetap digelar sesuai jadwal yaitu pada Sabtu (1/10/2022) pukul 20.00 WIB.

Maka perkenankanlah kami PT. Liga Indonesia Baru (PT.LIB) menyampaikan bahwa meminta kepada Klub Arema FC untuk berkoordinasi secara optimal kepada pihak keamanan dalam hal ini khususnya dengan KAPOLRES Malang untuk TETAP melaksanakan pertandingan BRI Liga 1-2022/2023 NP antara Arema FC vs Persebaya Surabaya DILAKSANAKAN SESUAI DENGAN JADWAL YANG TELAH DITENTUKAN,” demikian tertulis dalam surat dari PT LIB yang diterima Tribunnews, Minggu (2/9/2022).

Sebelumnya, Panpel Arema meminta ada perubahan waktu kick off dari yang semula malam hari pukul 20.00 WIB agar bisa diganti ke sore hari pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan Sampai ke Korea Selatan, Aktor Lee Min Ho Ucap Belasungkawa: Pray For Indonesia

Namun menurut Ketua Panpel Arema, Abdul Haris pengajuan itu ditolak PT LIB.

“Iya kami mengajukan perubahan jam kick off, tapi tidak disetujui oleh PT LIB,” kata Abdul Haris Kepada SURYAMALANG.COM, Senin (26/9/2022) malam.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved