Pilpres 2024

Anies Baswedan Diusung NasDem Jadi Capres, Reaksi Partai Demokrat Tuai Sorotan: Langkah yang Baik

Partai Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon Presiden 2024.

Pebby Ade Liana/TribunJakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan dideklarasikan sebagai calon Presiden 2024 oleh Partai NasDem, Senin (3/10/2022). Partai Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon Presiden 2024. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Partai Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Hal disampaikan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

"Pertama, Demokrat menghormati kemandirian dan independensi tiap parpol dalam proses pengambilan keputusan politik," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

"Prinsip ini sejalan dengan nilai-nilai Demokrasi yang dianut oleh Partai Demokrat selama ini."

"Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai Capres dari Partai NasDem untuk Pilpres 2024," tambahnya.

Baca juga: NasDem Bebaskan Pilih Sendiri Cawapres, Anies Baswedan Pasang Kriteria Formal Ini

Menurutnya, deklarasi capres hari ini telah dikomunikasikan kepada NasDem sejak beberapa waktu sebelumnya.

Apalagi, NasDem, Demokrat dan PKS memang menjalin komunikasi yang baik dan terus berlanjut, hingga dikabarkan bakal berkoalisi dan mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem berpelukan usai memberikan sambutan pendeklarasian Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) Pilpres 2024 dari Partai NasDem, di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem berpelukan usai memberikan sambutan pendeklarasian Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) Pilpres 2024 dari Partai NasDem, di Kantor DPP Partai NasDem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022). (Kompas TV)

"Lebih lanjut, dalam penentuan Capres dan Cawapres, tiga partai ini memiliki kesamaan sikap untuk memperjuangkan ‘Perubahan dan Perbaikan’ dalam menyikapi kondisi bangsa saat ini. Sejauh ini, rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang kami perjuangkan. Anies dan Ketum AHY pun memiliki hubungan yang cukup dekat," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dideklarasikan sebagai calon presiden 2024 oleh Partai NasDem, Senin (3/10/2022).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh dalam konferensi pers yang digelar di NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

“Pilihan capres Nasdem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhir Nasdem memberikan seorang sosok Anies Baswedan," ucapnya.

Baca juga: Dukungan Anies Baswedan Capres 2024 Kembali Bertambah, Kali Ini Dideklarasikan oleh Majelis Warga

Selain nama Anies, sebelumnya ada tiga kandidat capres 2024 dari hasil rapat kerja nasional (rakernas) yang mau diusung diusung NasDem.

Tiga nama tersebut adalah figur Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Andika Perkasa yang juga sebelumnya digadanga-gadang bakal diusung NasDem.

“Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya why not the best,” ungkap Surya Paloh.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved