Dermaga Ditinggikan 1,5 Meter, Pelabuhan Muara Angke Diklaim Tahan Banjir Rob Sampai 20 Tahun

Peninggian Dermaga Pelabuhan Muara Angke sekira 1,5 meter untuk mengantisipasi banjir rob hingga 20 tahun ke depan, Senin (3/10/2022).

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Jendela yang mengarah ke dermaga Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/10/2022). Peninggian Dermaga Pelabuhan Muara Angke sekira 1,5 meter untuk mengantisipasi banjir rob hingga 20 tahun ke depan, Senin (3/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, salah satu program revitalisasi Pelabuhan Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara, ialah peninggian dermaga.

Syafrin menuturkan, dermaga Pelabuhan Muara Angke saat ini sedang dilakukan peninggian sekitar 1,5 meter untuk mengantisipasi banjir rob.

"Telah disiapkan juga dilakukan perbaikan terhadap dermaga, di mana akibat adanya rob, maka saat ini dermaga juga akan dinaikan sekitar 1,5 meter," kata Syafrin di lokasi, Senin (3/10/2022).

Menurutnya, dengan peninggian 1,5 meter, dermaga Pelabuhan Muara Angke akan tahan banjir rob sampai 20 tahun ke depan.

Ia pun memastikan jika proyek peninggian dermaga telah rampung, nantinya pelayanan perjalanan penumpang tidak akan terhambat meski banjir rob melanda.

Baca juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Resmikan Proyek Revitalisasi Pelabuhan Muara Angke

"Nanti untuk jangka waktu paling tidak 20 tahun ke depan maka pelabuhan ini akan aman dari ancaman rob," ucap Syafrin.

"Sehingga pelayanan perjalanan ke Kepulauan Seribu tetap berlangsung meskipun kondisi adanya air pasang maupun rob," ujarnya lagi.

Kepala Bidang Pelayaran Dishub DKI Jakarta Leo Amstrong mengatakan, saat ini proyek revitalisasi yang telah rampung total ialah pada bagian terminal penumpang Pelabuhan Muara Angke.

Diharapkan sampai 2024 mendatang, revitalisasi secara keseluruhan bisa rampung total.

Adapun proyek lanjutan yang bakal diselesaikan dengan target dua tahun ke depan ialah bagian dermaga serta pelayaran kargo dari pelabuhan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Pelabuhan Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/10/2022) petang.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Pelabuhan Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (3/10/2022) petang. (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

"Harapan kita nih, kalau enggak 2023, ya 2024 selesai semuanya," ucap Leo.

"(Yang sudah selesai) pelabuhannya, belum dermaganya. Kan dermaganya lagi diperbaiki. Tapi bangunan ini (pelabuhan) kan sudah," katanya.

Sebelumnya, pada Senin petang ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan operasional Pelabuhan Muara Angke.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved