Lesti Kejora Polisikan Rizky Billar

Hotma Sitompul: Lesti Kejora Lapor KDRT Bukan Ingin Rizky Billar Ditangkap dan Ditahan

Pengacara Rizky Billar, Hotma Sitompul sebut Lesti Kejora laporkan KDRT bukan buat suaminya ditangkap dan ditahan, Jumat (14/10/2022).

Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Hotma Sitompul dan lesti Kejora-Rizky Billar. Pengacara Rizky Billar, Hotma Sitompul sebut Lesti Kejora laporkan KDRT bukan buat suaminya ditangkap dan ditahan, Jumat (14/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Pengacara Rizky Billar, Hotma Sitompul, meminta polisi menggunakan hati nurani dalam menangani kasus KDRT yang dilaporkan Lesti Kejora.

Hotma mengatakan, laporan KDRT tidak harus selalu diakhiri dengan penangkapan dan penahanan pelaku.

"Saya beritahu gini, kalau seorang wanita, istri itu melapor KDRT, tidak selalu berarti dia berharap suaminya ditangkap dan ditahan," kata Hotma di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2022).

Sebab, menurut Hotma, penyidik kepolisian perlu mempertimbangkan kehadiran anak dari Lesti dan Rizky Billar.

"Kenapa? Mungkin ada anaknya, masa ada berita bapaknya ditahan karena ibunya melapor," ujar dia.

Baca juga: Ekspresi Rizky Billar saat Pakai Baju Tahanan Disorot, Tak Menyesal Malah Marah ke Lesti Kejora?

"Jadi ini penting, supaya para polisi menggunakan hati nurani. Laporan KDRT bisa juga sebagai pelajaran untuk para suami yang melakukan KDRT. Bukan selalu istri yang melapor KDRT mau suaminya dipenjara," tambahnya.

Ia juga setuju jika Lesti Kejora dan Rizky Billar disebut telah mempermainkan hukum.

"Kok memainkan hukum. Sekali lagi, laporan itu tidak selalu berkehendak menangkap dan menahan suami. Tidak selalu. Bisa juga untuk ancaman dalam tanda kutip ‘eh suami kalau kamu melakukan KDRT saya lapor polisi kamu, diperiksa sama polisi’," ucap Hotma.

Lesti Kejora menyebut suaminya Rizky Billar sudah mengakui perbuatannya, yakni berselingkuh dan melakukan KDRT. Lalu apakah Rizky Billar benar-benar bisa berubah dan tak lagi melakukan KDRT?
Lesti Kejora menyebut suaminya Rizky Billar sudah mengakui perbuatannya, yakni berselingkuh dan melakukan KDRT. Lalu apakah Rizky Billar benar-benar bisa berubah dan tak lagi melakukan KDRT? (Kolase Tribun Jakarta)

Sementara itu, Polres Metro Jakarta Selatan menghargai langkah Lesti Kejora mencabut laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap Rizky Billar.

Pelaksana tugas (Plt) Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengatakan, pencabutan laporan merupakan hak Lesti sebagai pelapor.

"Ya itu adalah haknya mereka, kemudian haknya Lesti untuk mencabut (laporan). Kemudian sekali lagi itu harus ada hitam di atas putih," kata Nurma di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2022).

Baca juga: Selingkuhi dan KDRT Lesti Kejora, Apakah Rizky Billar Bisa Berubah? Psikolog Beberkan Analisanya

Namun demikian, Nurma menyebut dicabutnya laporan polisi tidak serta merta membuat Rizky Billar bebas.

Terlebih Rizky Billar sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Selatan.

"Yang jelas sekali lagi kepolisian sudah bekerja, jadi hargai itu. Jadi kita tidak main-main dan kita serius menangani kasus yang dilaporkan ini," tegas Nurma.

Ia menuturkan, penetapan tersangka terhadap Rizky Billar juga melalui proses penyelidikan dan penyidikan secara profesional.

"Jadi kita tetapkan seseorang jadi tersangka tidak tiba-tiba otomatis, kamu jadi tersangka. Tidak bisa, kita harus punya bukti. Ada bukti, fakta, kemudian saksi-saksi," ujar dia.

"Itu kan berproses berhari-hari, kita memeriksa orang. Tiba-tiba langsung, oh ini, harus gini gitu. Tidak ada. Jadi di dalam kepolisian ada proses," tambahnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved