BPBD DKI Siagakan 267 Petugas Reaksi Cepat untuk Hadapi Cuaca Ekstrem di Jakarta

Pemerintah daerah, masyarakat dan seluruh pihak diimbau bersiap hadapi potensi bencana hidrometeorologi yang terjadi akibat tingginya curah hujan tahu

Wartakota/Henry Lopulalan
Cuaca ekstrem di Jakarta - Pemandangan saat awan mendung menyelimuti wilayah Jakarta, Selasa (22/9/2020). Atas peringatan cuaca ekstrem sepekan ke depan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut telah melakukan langkah untuk meminimalisir banjir dan genangan di Jakarta. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiagakan sebanyak 267 petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengantisipasi bencana akibat cuaca ekstrem di wilayah DKI Jakarta.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Jakarta dan sekitarnya telah memasuki awal musim hujan sejak Oktober 2022.

Dimana puncak musim hujan tersebut, diprediksi akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2023 mendatang.

Pemerintah daerah, masyarakat dan seluruh pihak diimbau bersiap hadapi potensi bencana hidrometeorologi yang terjadi akibat tingginya curah hujan tahunan 2023 yang diperkirakan akan melebihi rata-rata di sebagian wilayah Indonesia.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji menyebutkan, nantinya 267 orang petugas penanganan bencana yang disiagakan itu akan ditempatkan di seluruh kelurahan wilayah Jakarta untuk mengantisipasi bencana yang timbul akibat cuaca ekstrem tersebut.

Seperti banjir ataupun tanah longsor.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem, Disdik Depok Keluarkan Imbauan Satuan Pendidikan Batasi Kegiatan Outdoor

"Setiap personel TRC, melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana pendukung penanggulangan bencana yang telah didistribusikan ke setiap kelurahan yang berada di kawasan rawan banjir”, kata Isnawa dalam keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Menurut Isnawa, setiap personel TRC secara intens akan berkoordinasi dengan Lurah setempat untuk memantau dinamika perkembangan bencana yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, petugas tersebut juga melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana pendukung yang sudah didistribusikan oleh BPBD DKI Jakarta dalam proses penanggulanan bencana.

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mulai bersiap siaga menghadapi banjir
Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mulai bersiap siaga menghadapi banjir (bpbd.jakarta.go.id)

Adapun kata Isnawa, pihaknya telah mendistribusikan beberapa peralatan pendukung dalam proses penanggulangan bencana tersebut pada tahun 2021 dan 2022 untuk seluruh wilayah Kota/Kabupaten Administrasi yang ada di Jakarta.

Meliputi perahu PE (polyethylene), ring buoy/pelampung, senter jinjing, tenda pengungsi, velbed, bilik isolasi, ban dalam truk, megaphone, dan tangga aluminium.

Selain itu, kata dia sebagai upaya mitigasi dalam merespons peringatan dini cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, BPBD DKI juga langsung mendesiminasikan informasi peringatan dini tersebut melalui website bpbd.jakarta.go.id, media sosial, dan jug kanal WhatsApp Group dan Telegram.

Apabila terjadi kenaikan status siaga Tinggi Muka Air (TMA) di aliran sungai yang ada di wilayah Jakarta, maka informasi peringatan dini juga akan disampaikan melalui Disaster Early Warning System (DEWS) dan SMS Blast.

"Selanjutnya personel gabungan yang terdiri dari TRC BPBD, Satgas Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat, Satpol PP, dan PPSU Kelurahan serta unsur terkait lainnya langsung diterjunkan di titik-titik yang menjadi kawasan rawan banjir," kata dia.

Baca juga: Heru Budi Hartono Saat Jakarta Musim Hujan: Larang Anak Buah Cuti, Wacanakan WFH Saat Banjir

"Kami juga terus berkoordinasi dengan aparat kewilayahan untuk memastikan Posko Siaga Bencana untuk selalu siap siaga dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang diprediksi masih akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan”, pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved