Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Ilyas Indra Singgung Peran Anak Muda

Ketum DPP KNPI, Ilyas Indra bersama jajaran melaksanakan apel upacara Sumpah Pemuda di Perbatasan Indonesia dan Malaysia, tepatnya di Sebatik.

Editor: Wahyu Septiana
Istimewa
Memperingati Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Dr. Ilyas Indra bersama jajaran pengurus melaksanakan Apel Upacara Sumpah Pemuda di Perbatasan Indonesia dan Malaysia, tepatnya di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat (28/10/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Ilyas Indra bersama jajaran melaksanakan apel upacara Sumpah Pemuda di perbatasan Indonesia dan Malaysia, tepatnya di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperingati Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.

Apel Upacara Sumpah Pemuda ke-94 ini diikuti oleh Karang Taruna, Forum Kepala Desa dan Koramil perbatasan.

Sebagai pembina upacara, Ilyas Indra membacakan Pancasila di hadapan peserta upacara dan menyampaikan arahan.

Dalam sambutannya, Ilyas Indra menyampaikan bahwa suasana sakral dirasakan saat melaksanakan apel upacara Sumpah Pemuda di perbatasan negara.

Di perbatasan ini terdapat keluar masuk perdagangan antar negara, hubungan warga antar negara, menjadi semangat generasi muda saat Sumpah Pemuda.

Baca juga: Di Momen Sumpah Pemuda, Kampanye Obrolin Semua ‘Damaikan’ Gen Z dan Boomers

"Kami mengharapkan generasi muda Indonesia kembali heroik seperti generasi muda di tahun 1928, yakni generasi muda yang mencintai bangsanya, generasi yang mencintai negaranya dan generasi yang mau berjuang untuk memberikan sumbangsih bagi negaranya," kata Ilyas Indra dalam keterangan tertulis, Jumat (28/10/2022).

Di hari sumpah pemuda ke-94 ini, Ilyas Indra mengharapkan anak muda Indonesia, generasi milenial adalah calon pemimpin Indonesia di 2045 nanti.

"Dari perbatasan Indonesia ini kami mengharapkan generasi muda untuk menjadi generasi terbaik dengan SDM yang terbaik, dan mempersiapkan diri menjadi pemimpin di 2045 saat Indonesia berumur 100 tahun."

Ketua Umum DPP KNPI Dr. Ilyas Indra dengan Ketua Majelis Pemuda Indonesia Fahd El Fouz Arafiq mendapat Ucapan selamat dan dukungan langsung dari President Organisation Of Islamic Youth Saudara Hammad Khan Kakar, Rabu (20/4/2022).
Ketua Umum DPP KNPI Dr. Ilyas Indra dengan Ketua Majelis Pemuda Indonesia Fahd El Fouz Arafiq mendapat Ucapan selamat dan dukungan langsung dari President Organisation Of Islamic Youth Saudara Hammad Khan Kakar, Rabu (20/4/2022). (Dok pribadi Ilyas Indra)

"Sehingga, saat memimpin bangsa ini sudah menjadi pemimpin unggulan, yang nantinya bisa membawa Indonesia menjadi negara maju di dunia," jelasnya.

Di wilayah perbatasan yang sangat mengharukan, Ilyas Indra, saat apel upacara Sumpah Pemuda ditemani oleh para pemuda perbatasan, karang taruna dan para kepala desa.

Ilyas Indra juga menyampaikan kebanggaan kepada pemerintah, yakni Presiden Joko Widodo yang sudah membangun pelabuhan di Sibatik sangat bagus dan jalan jalan di perbatasan cukup bagus.

"Ini bisa membantu perekonomian masyarakat perbatasan, juga tol laut yang membantu dengan mudah bahan bahan pokok masuk ke perbatasan dan hal yang dulu menjadi beban harga bahan bakar sudah bisa satu harga di perbatasan," ujarnya.

Ilyas Indra berharap di Pulau Sibatik ini sebagai pintu gerbang perbatasan dengan 5 kecamatan dan pemerintah pusat serta legislatif bisa membantu menjadi Kota Adminsitratif.

"Sehingga, dalam penanganan percepatan kota maju di perbatasan bisa lebih cepat juga dalam ketahanan negara bisa lebih terperhatikan dengan menjadi setingkat Kota," tambahnya.

Baca juga: DPP KNPI Salurkan Sembako Bantu Masyarakat Terdampak Kenaikan Harga BBM

Di tempat yang sama, Ketua Badan Perbatasan DPP KNPI dan Ketua Yayasan Anak Perbatasan, Asri Sere, menyampaikan kebanggaanya dilaksanakan Apel Sumpah Pemuda DPP KNPI ini.

"Mudah-mudahan seluruh komponen bangsa Indonesia terus membantu kemajuan daerah Perbatasan dan Bangsa Indonesia semakin maju dan kokoh persatuannya," tegas Asri. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved