Cerminkan Wajah Pesisir, Jembatan Pasar Ular Plumpang Direvitalisasi Berkonsep Kapal Layar

Suku Dinas Bina Marga melakukan revitalisasi jembatan penghubung Pasar Ular Plumpang yang berada di Jalan Inspeksi Kali Sunter, Koja, Jakarta Utara. 

Dok. Sudin Bina Marga Jakarta Utara
Jembatan penghubung Pasar Ular Plumpang, Koja, Jakarta Utara direvitalisasi dengan konsep kapal layar. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Suku Dinas Bina Marga melakukan revitalisasi jembatan penghubung Pasar Ular Plumpang yang berada di Jalan Inspeksi Kali Sunter, Koja, Jakarta Utara

Guna mencerminkan wilayah Jakarta Utara sebagai kawasan pesisir, jembatan penghubung Pasar Ular Plumpang direvitalisasi dengan konsep kapal layar. 

Kasudin Bina Marga Jakarta Utara Ilham Raya menjelaskan, revitalisasi dimulai sejak Agustus dan diperkirakan selesai akhir bulan ini.

"Dikerjakan berbarengan dengan pembuatan pedestrian Waduk Rawa Badak, dimulai pada akhir bulan Agustus lalu dan selesai akhir bulan November ini," kata Ilham, Rabu (2/11/2022). 

Kondisi geografis Jakarta Utara yang berada di pesisir membuat Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara berinovasi dalam konsep revitalisasinya. 

Berkonsel kapal layar, jembatan sepanjang 39,5 meter itu dilengkapi kanopi berwarna putih seirama dengan besi-besi pegangannya.

Baca juga: Jerit Tangis Keluarga saat Pemakaman Istri yang Tewas Dibakar Suami di Koja: Saya Enggak Ikhlas!

Karenanya, selain untuk menghubungkan Jalan Inspeksi Kali Sunter ke Jalan Sunter II, keberadaan jembatan juga bisa menjadi spot selfie menarik. 

"Jembatan tidak hanya befungsi sebagai infrastruktur penghubung saja, tetapi juga sebagai tempat yang memiliki daya tarik untuk berfoto," kata Ilham.

Jembatan penghubung Pasar Ular Plumpang, Koja, Jakarta Utara direvitalisasi dengan konsep kapal layar.
Jembatan penghubung Pasar Ular Plumpang, Koja, Jakarta Utara direvitalisasi dengan konsep kapal layar. (Dok. Sudin Bina Marga Jakarta Utara)

"Juga memiliki ruang interaksi untuk masyarakat Jakarta Utara. Untuk ruang interaksi tersebut kami buatkan bangku dan payung minimalis di sisi Jalan Sunter II," jelasnya. 

Ilham berharap dengan dilakukan revitalisasi pada jembatan tersebut masyarakat akan merasa nyaman saat menuju satu ruas jalan ke jalan lainnya. 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved