Banjir di Jakarta

Banjir 1,4 Meter di Pasar Rebo Surut, Warga dan Petugas Mulai Bersih-bersih

Banjir yang merendam permukiman warga RW 04 dan RW 07, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur surut.

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Istimewa
Personel PPSU saat membersihkan timbunan lumpur bercampur sampah imbas banjir di permukiman warga Kelurahan Pekayon, Sabtu (5/11/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Banjir yang merendam permukiman warga RW 04 dan RW 07, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur surut pada Sabtu (5/11/2022).

Camat Pasar Rebo Mujiono mengatakan banjir luapan Kali Cipinang dengan ketinggian berkisar 50 sentimeter hingga 1,4 meter berangsur surut sejak Jumat (4/11/2022) pukul 23.00 WIB.

"Sekarang warga dibantu PPSU sedang membersihkan lumpur dan sampah dampak genangan semalam," kata Mujiono saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Sabtu (5/11/2022).

Warga dibantu petugas PPSU bergegas membersihkan jalan lingkungan dan rumah mereka, karena bila tidak cepat dibersihkan timbunan lumpur bakal mengeras dan membuat kumuh.

Sejak banjir berangsur surut pada Jumat tengah malam warga RW 04 dan RW 07 yang sempat mengungsi ke Musala dekat permukiman mereka pun sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca juga: Petugas Damkar Bantu Dokter Puskesmas Terjang Banjir untuk Periksa Warga Sakit di Ciracas

"Kemarin malam sempat juga warga yang cekatan membuat dapur umum untuk makan malam. Tapi seiring hujan reda air juga semakin surut, semoga hujannya tidak deras lagi," ujar Mujiono.

Sebagai informasi, Pemkot Jakarta Timur menyiagakan ratusan pompa untuk menghadapi banjir pada puncak musim penghujan yang diperkirakan terjadi pada Desember 2022.

Jumlah tersebut akumulasi dari pompa stasioner, pompa mobile, pompa portabel, hingga pompa apung yang tersebar di 10 Kecamatan untuk membantu penanganan banjir di jalan hingga permukiman warga.

Di wilayah Jakarta Timur lokasi rawan banjir di antaranya berada pada wilayah permukiman warga yang berdekatan dengan aliran Kali Cipinang, Kali Ciliwung, dan Kali Sunter.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved