Pj Gubernur Heru Budi Janji Penuhi Layanan Air Bersih Warga Jakarta

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji bakal memenuhi penuhi kebutuhan layanan air bersih masyarakat.

TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI
Diskusi Mewujudkan Kedaulatan Air di Jakarta yang digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Senin (14/11/2022). Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji bakal memenuhi penuhi kebutuhan layanan air bersih masyarakat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji bakal memenuhi penuhi kebutuhan layanan air bersih masyarakat.

Hal ini diungkapkan Heru saat memberi sambutan dalam diskusi bertajuk 'Mewujudkan Kedaulatan Air di Jakarta' di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

"Dengan terwujudnya akses air bersih dengan baik bagi seluruh lapisan masyarakat Jakarta, maka kedaulatan air di Jakarta akan terjadi dari waktu ke waktu," ucapnya saat memberikan sambutan, Senin (14/11/2022).

Orang nomor satu di DKI ini menyebut, pemerintah punya tugas memenuhi kebutuhan pokok dasar warganya, berupa air bersih.

Hal ini mengaku pada Pasal 6 UU Nomor 17 tahun 2019 tentang Sumber Daya Air (SDA) yang menjelaskan bahwa negara wajib menjamin hak rakyat atas air guna memenuhi kebutuhan pokok minimal sehari-hari bagi kehidupan yang sehat dan bersih dengan jumlah yang cukup, kualitas yang baik, aman, terjaga keberlangsungannya dan terjangkau.

Untuk mewujudkan hal itu, Pemprov DKI bakal memberikan subsidi atau public service obligation (PSO) yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian agar masyarakat memahami pentingnya air bersih dalam kehidupan.

"Kita jaga kelestarian keberlangsungannya, kami wujudkan tarif yang setara, serta kualitas hidup yang merata," ujarnya.

Baca juga: Covid-19 di Jakarta Naik Lagi, Pj Gubernur Heru Budi Perintahkan Dinkes Gencarkan Vaksinasi Booster

Kebijakan subsidi juga diharapkan bisa mendukung program peningkatan layanan air bersih bagi warga Jakarta.

"Dampak positif lebih lanjut adalah peningkatan kesehatan masyarakat dan penurunan biaya hidup bulanan," kata Heru.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Pangan, Utilitas, Perpasaran dan Industri Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Thomas menerangkan, pemerintah berencana membangun beberapa sistem penyediaan air minum (SPAM) hingga 2027 mendatang.

Ilustrasi air bersih
Ilustrasi air bersih (THINKSTOCKS/KENZAZA)

Tak main-main, nilai investasinya pun mencapai Rl 23,8 triliun.

Adapun SPAM yang akan dibangun ialah Jatiluhur I (area Cilincing dan Pondok Kopi) dan Karian Serpon (area Semanan) tahap satu yang akan dibangun pada 2023-2024 dengan alokasi anggaran Rp2,1 triliun.

Kemudian Jatiluhur I (area Kanal Banjir Timur) dan Karian Serpong (arwa Semanan dan Pegadungan) tahap dua pada periode 2023-2027 dengan anggaran Rp13,8 triliun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved