Gandeng 3 Mentor Asal Prancis, PINTU Incubator 2.0 Dorong Desainer Muda Tembus Pasar Internasional

PINTU Incubator ialah program inkubator bilateral yang ditujukan membantu desainer-desainer muda dari Indonesia dan Prancis mengembangkan bisnis mode.

Gerald Leonardo Agustino/TribunJakarta.com
Peragaan busana trunk show program PINTU Incubator 2.0 di Lakon Store Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (16/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING - Jakarta Food and Fashion Festival (JF3), Lakon Indonesia, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Prancis lewat Institut Francais d’Indonesie (IFI) kembali menginisiasi program PINTU Incubator. 

PINTU Incubator ialah program inkubator bilateral yang ditujukan membantu desainer-desainer muda dari Indonesia dan Prancis mengembangkan bisnis mode mereka ke kancah internasional. 

Setelah sukses dalam program pertamanya awal tahun 2022 lalu, PINTU Incubator 2.0 kini dimulai dengan menggandeng tiga mentor asal Prancis yang sudah berpengalaman di bidang industri mode. 

Ketiganya ialah Lucie Brochard dari Lucie Brochard Brand, Jonathan Canuti dengan lini busana Studio Clandestin, dan Justin Chiron selaku pemilik toko daring asal Prancis yang fokus menjual koleksi busana modern bernama Reiner Upcycling. 

Selain memberikan bimbingan kepada para desainer muda Indonesia-Prancis, para mentor, terutama Lucie dan Jonathan juga berkolaborasi menggelar trunk show di Lakon Indonesia Store, Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (16/11/2022) petang kemarin. 

Baca juga: Pintu Incubator Kembangkan Kreatif Muda di Industri Mode Indonesia

Trunk show adalah kegiatan peragaan busana yang lebih intim dan tidak dilakukan di panggung besar.

"Di antara kegiatan mentoring class, PINTU Incubator 2.0 menggelar trunk show yang menghadirkan koleksi eksklusif para mentor," kata Founder Lakon Indonesia sekaligus inisiator PINTU Incubator 2.0, Thresia Mareta

"Nantinya para mentor akan turut membekali dan membimbing secara langsung para partisipan dalam sesi mentoring dan pembelajaran," sambungnya. 

Thresia mengatakan, program ini disambut antusiasme positif dari para kreatif dan entrepreneur muda.

Dari keseluruhan calon partisipan yang mendaftar pada tanggal 20 Agustus hingga 30 September 2022, telah terpilih sebanyak 11 brand yang berhasil lolos kurasi tahap pertama.

Trunk show program PINTU Incubator 2.0 di Lakon Store Mal Kelapa Gading.
Trunk show program PINTU Incubator 2.0 di Lakon Store Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (16/11/2022).

Sebagian di antaranya akan dipersiapkan untuk mengikuti ajang Paris Trade Show tahun 2023 mendatang. 

"Kategori A sebagai Creative Founders di mana setiap partisipan akan mempersiapkan 12 looks koleksi Fall/Winter 2022 untuk Trade Show di Prancis nanti," ucap Thresia. 

Kategori A diikuti oleh Amanda Hartanto Batik, Apa Kabar, Oemah Etnik, Parapohon, Talu, Tenun Imam, dan Tenun Lurik Rachmad.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved