Gempa di Cianjur

Korban Gempa Cianjur Dapat Bantuan Dana Kemanusiaan Kompas

Dana Kemanusiaan Kompas bekerja sama dengan Kostrad untuk menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Editor: Wahyu Septiana
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Penyaluran bantuan Dana Kemanusiaan Kompas dari dari donasi pembaca Harian Kompas di Kampung Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur (24/11/2022) 

TRIBUNJAKARTA.COM, CIANJUR - Dana Kemanusiaan Kompas bekerja sama dengan Kostrad untuk menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Manager Eksekutif Dana Kemanusiaan Kompas, Anung Wedyartaka mengatakan, Dana Kemanusiaan Kompas merupakan yayasan yang menghimpun donasi dari pembaca Harian Kompas yang kemudian didistribusikan oleh Kostrad kepada masyarakat yang terdampak.

Kali ini, Dana Kemanusiaan Kompas menyalurkan bantuan secara simbolis di dapur umum Kostrad yang berada di Posko 2 tepatnya di Kampung Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

"Tahap pertama ini kami mengalokasikan Rp 300 juta untuk membantu kebutuhan logistik dapur umum di empat pos, yang nantinya akan dimasak dan didistribusikan melalui temen-temen Kostrad," ujarnya di saat penyerahan bantuan logistik di Wisma Maleber, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/2022).

Pendistribusian tahap pertama ini, kata Anung Wedyartaka, difokuskan untuk masa tanggap darurat, sebab, saat ini masyarakat yang terdampak sangat membutuhkan asupan nutrisinyang cukup.

Setelah masa tanggap darurat selesai, Dana Kemanusiaan Kompas akan kembali menyalurkan bantuan yang akan dikhususkan untuk rehabilitasi bangunan-bangunan yang hancur akibat guncangan berkekuatan 5,6 magnitudo tersebut.

"Selain itu juga, kami pasca tangap darurat akan berikutnya akan membantu rehabilitasi dan rekonstruksi, setelah tanggap darurat itu kami akan survey mana saja dan apa saja yang belum tercover rekonstrusi dari pemeritah," katanya.

Disamping itu, pendistribusian bantuan logistik dari Dana Kemanusiaan Kompas berjalan seiringan dengan Kostrad yang membuka dapur umum untuk korban terdampak bencana di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga: Lalat dan Bau Menyengat Jadi Petunjuk Jasad Korban Longsor Cianjur Ditemukan, Petugas Baca Alfatihah

Wakil Komandan Batalyon Bek Ang 1 Kostrad, Mayor CBA Dwi Sukohadi mengatakan, bantuan yang telah diterima pihaknya tidak langsung diberikan dalam bentuk konsumsi mentah kepada masyarakat yang berada di enam titik di Kecamatan Pacet dan Cugenang.

"Jadi jajaran Divif 1 Kostrad mendapat perintah dari Pangkostrad untuk membantu masyarakat yang tedampak bencana gempa," katanya.

Bantuan logistik yang diterima pihaknya akan diolah terlebih dulu agar meringankan beban masyarakat di pengungsian.

Suasana salah satu posko pengungsian warga korban gempa Cianjur di Desa Cibulakan, Kecamatan Cugeunang, Jawa Barat Rabu (23/11/2022). Warga bahu-membahu mengurus jenazah korban gempa bumi di Cianjur dengan memandikannya di sebuah parit di belakang posko pengungsian.
Suasana salah satu posko pengungsian warga korban gempa Cianjur di Desa Cibulakan, Kecamatan Cugeunang, Jawa Barat Rabu (23/11/2022). Warga bahu-membahu mengurus jenazah korban gempa bumi di Cianjur dengan memandikannya di sebuah parit di belakang posko pengungsian. (Wartakotalive.com/Desy Selviany)

Dengan gagahnya, orang-orang berseragam loreng ini memasak untuk kebutuhan pangan

"Ditiap titiknya ada 11 orang, kami membantu jasa pemasakan, membantu membungkus makanan serta membantu pendistribusian ke titik-titik yang terdampak," tandasnya.

(TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani)

Baca artikel lainnya dari TribunJakarta.com di Google News

Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved