Selain di Jelambar, Puting Beliung Juga Sapu Lima Rumah Warga di Babelan Bekasi

Kerusakan, lanjut dia, berupa atap bangunan rumah beterbangan terdapat pula kerusakan berupa pohon tumbang hingga mengenai tiang listrik. 

ist
Petugas gabungan mengevakuasi puing dan batang pohon yang roboh akibat terjangan angin puting beliung di Kampung/Desa/Kabupaten Babelan, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022) petang.  

Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BABELAN - Selain daerah Jelambar Jakarta Barat, angin puting beliung juga menerjang permukiman warga di Perumahan Babelan Indah, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (26/11/2022). 

Sapuan angin puting beliung pada Sabtu sore sekitar pukul 18.00 WIB itu membuat lima rumah warga rusak berat. 

Kapolsek Babelan Kompol Sutrisno mengatakan, peristiwa angin puting beliung terjadi saat cuaca di wilayahnya hujan disertai angin kencang. 

"Kami telah melaksanakan pengecekan ke lokasi, ada lima keluarga yang terdampak akibat angin puting beliung," kata Sutrisno, Minggu (27/11/2022). 

Kerusakan, lanjut dia, berupa atap bangunan rumah beterbangan terdapat pula kerusakan berupa pohon tumbang hingga mengenai tiang listrik. 

"Tidak ada korban jiwa ataupun luka, kerugian berupa materil kerusakan bangunan rumah dan barang-barang berharga lain," jelas dia. 

Baca juga: Belasan Rumah Berbahan Styrofoam di Jelambar Hancur Dihantam Angin Puting Beliung

Total terdapat tujuh bangunan rumah yang mengelami kerusakan berat, total kerugian akibat bencana angin puting beliung ditaksir Rp29.700.000. 

"Angin puting beliung juga berdampak pada tujuh rumah lainnya di Perumahan Balinda berupa kerusakan ringan dengan kerugian rata-rata Rp300.000," jelas dia. 

Dia menambahkan, Kepolisian bersama petugas pemadam kebakaran serta PLN membantu warga dalam proses evakuasi puing. 

Bantuan untuk korban terdampak juga langsung dikoordinasikan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi

"Personel gabungan melakukan pembenahan karena banyak kabel listrik yang putus dan pohon tumbang, namun tidak ada yang mengungsi dan tidak ada korban jiwa," tegas dia.

Baca juga: Temuan Mobil Pikap di Titik Longsor Cianjur jadi Secercah Harapan Ahmad Temukan Tubuh Anak Istrinya

Diberitakan sebelumnya, angin puting beliung menerjang kawasan Jalan Jelambar Baru I, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (26/11/2022) sekitar pukul 14.30 WIB.

Setidaknya ada 7 rumah kontrakan dan 16 bangunan semipermanen rusak dan sebagian roboh akibat sapuan angin puting beliung di kawasan tersebut.

Sebanyak 25 keluarga atau 63 orang juga terpaksa mengungsi.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved