Bio Farma Luncurkan Alat Penyimpanan Vaksin Portable, Permudah Distribusi ke Pelosok Indonesia

Bio Farma meluncurkan alat penyimpanan vaksin portable VaccarBio, untuk mempermudah distribusi vaksin di Indonesia.

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Bio Farma meluncurkan VaccarBio. Electronic portable cooler karya anak bangsa, yang berfungsi untuk menjaga suhu vaksin tetap stabil selama di distribusikan. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Bio Farma meluncurkan alat penyimpanan vaksin portable VaccarBio, untuk mempermudah distribusi vaksin di Indonesia.

VaccarBio, merupakan electronic portable cooler karya anak bangsa yang berfungsi untuk menjaga suhu vaksin tetap stabil selama di distribusikan.

Diketahui, vaksin bisa dipastikan tetap dalam kondisi baik apabila disimpan dengan suhu tertentu selama didistribusikan.

Oleh sebab itu guna mendukung rantai dingin vaksin di Indonesia, Bio Farma menghadirkan produk dalam negeri untuk menjaga kualitas vaksin hingga disuntikan kepada masyarakat.

"Pengembangan VaccarBio ini kembali lagi menjadi bagian dari inovasi di Bio Farma untuk mendorong TKDN. Karena ini semua adalah produk dalam negeri," kata Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM Bio Farma I.G.N Suharta Wijaya, dalam peluncurannya baru-baru ini.

Baca juga: Stok Vaksin Covid-19 Kembali Tersedia, Puskesmas Kramat Jati Membeludak Diserbu Warga

Didukung dengan sistem active cooler, VaccarBio juga dilengkapi dengan Battery Back-up yang dapat bertahan hingga 7 jam untuk menjaga suhu vaksin tetap stabil selama didistribusikan.

Ia pun berharap, pengunaan VaccarBio dapat mempermudah distribusi vaksin di Indonesia. Baik dari Sabang, hingga Merauke.

Di sisi lain, Kepala Divisi Penjualan Domestik Bio Farma Mahsun Muhammadi mengatakan, sering kali terjadi problem terhadap kualitas vaksin.

Khususnya, ketika vaksin didistribuskan ke daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Bio Farma meluncurkan VaccarBio.  Electronic portable cooler karya anak bangsa, yang berfungsi untuk menjaga suhu vaksin tetap stabil selama di distribusikan.
Bio Farma meluncurkan VaccarBio. Electronic portable cooler karya anak bangsa, yang berfungsi untuk menjaga suhu vaksin tetap stabil selama di distribusikan. (TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana)

Oleh sebab itu, dengan adanya VaccarBio vaksin diharapkan bisa didistribusikan dengan baik hingga ke berbagai pelosok.

Apalagi, ini merupakan produk buatan dalam negeri.

Sehingga, hadirnya VaccarBio juga diharapkan bisa meningkatkan kemandirian Indonesia terhadap penggunaan produk dalam negeri.

"Jadi produk ini sangat penting untuk memastikan kualitas vaksin dari ujung ke ujung, dari pabrik sampai ke penerima,"

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved