Kasus Gangguan Ginjal Akut

Sekda DKI Sebut Kasus Gagal Ginjal Akut Jadi Pelajaran Penting Dunia Kesehatan

Sekda DKI Jakarta Marullah Matali menilai kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak jadi pelajaran penting dunia kesehatan, Selasa (29/11/2022).

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, dalam acara perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) DKI Jakarta, di JCC Senayan, Selasa (29/11/2022) 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali menyinggung peristiwa gagal ginjal akut yang belum lama ini menyerang sejumlah anak-anak di Indonesia, termaksud Jakarta.

Dalam momentum perayaan Hari Kesehatan Nasional ke 58 DKI Jakarta, Marullah mengatakan bahwa kasus gagal ginjal akut yang terjadi merupakan pelajaran penting di dunia kesehatan.

"Kita harus dapat lebih lincah dan lebih sigap dalam menyelesaikan tantangan dan permasalahan kesehatan," kata Marullah, dalam acara Hari Kesehatan Nasional ke 58 DKI Jakarta, di JCC Senayan, Selasa (29/11/2022).

"Baru saja kita mengalami kasus gagal ginjal akut pada anak-anak. Saya kira itu pelajaran yang berharga bagi kita. Mudah-mudahan, ini jadi pelajaran berharga, dan ini sangat berat bagi warga Jakarta karena menelan korban yang cukup banyak," sambungnya.

Menurut Marullah, saat ini masih banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh sektor kesehatan.

Baca juga: Dinkes DKI Pastikan Belum Ada Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Pada Anak Sepanjang November 2022

Tidak hanya tentang penyakit, namun juga dengan pelayanan kesehatannya.

Oleh sebab itu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, ia berpesan agar seluruh sektor yang menaungi hal tersebut bisa lebih lincah dan sigap dalam menyelesaikan berbagai tantangan dan masalah.

Salah satunya, juga dengan upaya kolaboratif untuk menghadirkan layanan kesehatan yang inovatif dan berkeadilan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional DKI Jakarta di JCC Senayan, bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, dan Ketua Gakeslab Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Kartono Dwidjosewojo, Selasa (29/11/2022).
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional DKI Jakarta di JCC Senayan, bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, dan Ketua Gakeslab Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Kartono Dwidjosewojo, Selasa (29/11/2022). (TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana)

"Transformasi layanan kesehatan, tidak mungkin dapat dibangun tanpa didukung oleh jajaran kita semua. Khususnya jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh di bidang yang fokus melayani masyarakat secara integritas," kata Marullah.

"Oleh karena itu, dibutuhkan komitmen seluruh komponen untuk saling bahu-membahu, kolaborasi bersinergi, untuk menghadirkan layanan kesehatan yang berkualitas," imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelumnya puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 DKI Jakarta, membawa pesan penguatan sistem kesehatan dalam rangka pemulihan ekonomi Indonesia.

Bertajuk 'Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku', tema HKN kali ini, menggambarkan kebangkitan masyarakat usai situasi pandemi selama dua tahun terakhir.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, peringatan acara HKN ke 58 sudah berlangsung sejak sebulan terakhir dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved