Viral Ribuan Ikan Naik ke Daratan Pulau Onrust, Dinas KPKP Analisa Sampel Air dan Ikan

Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengambil sampel air laut dan ikan tembang dari perairan Pulau Onrust.

ISTIMEWA
Viral fenomena ribuan ikan tiba-tiba naik ke daratan di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengambil sampel air laut dan ikan tembang dari perairan Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu

Pengambilan sampel terkait fenomena yang viral pada Selasa (29/11/2022) kemarin, di mana ribuan ikan tembang ditemukan naik ke daratan. 

Kasudin KPKP Kepulauan Seribu Devi Lidya mengatakan, pengambilan sampel untuk kepentingan penyelidikan fenomena tersebut. 

"Untuk lebih akurat petugas Laboratorium Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta hari ini telah melakukan pengambilan sampel air dan ikan untuk dilakukan pengujian," kata Devi saat dikonfirmasi TribunJakarta.com, Rabu (30/11/2022). 

Devi menuturkan, fenomena naiknya ribuan ikan ke daratan itu terjadi pada Selasa (29/11/2022) kemarin pukul 10.00 WIB. 

Tanggal kejadian itu diperoleh dari petugas yang berada di Pulau Onrust yang sempat merekam fenomena tersebut. 

Baca juga: Viral Ribuan Ikan Naik ke Daratan Pulau Onrust, Kasudin KPKP: Itu Ikan Tembang

Setelah melihat video yang viral, petugas dari Sudin KPKP Kepulauan Seribu juga langsung mengunjungi Pulau Onrust

"Hari ini kami langsung mantau kondisi di seputaran Pulau Onrust dan diskusi dengan petugas yang berada di pulau tersebut," kata Devi. 

"(Petugas) membenarkan adanya berita tersebut, di lapangan kami lihat perairannya seperti hijau sejak hari Minggu, sedangkan Sabtu, air putih kebiruan," ucapnya. 

Sebelumnya, video viral di media sosial merekam fenomena ribuan ikan yang tiba-tiba naik ke daratan. 

Dalam salah satu video berdurasi 30 detik yang beredar di jejaring pesan singkat WhatsApp, terlihat ikan-ikan melompat dari lautan dan memenuhi dermaga. 

Fenomena ini dikabarkan terjadi di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu

Si perekam video mengarahkan kamera ponselnya ke arah dermaga yang sudah dipenuhi ikan-ikan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved