Gempa di Cianjur

Lukisan 'Gitu Ajah Kok Repot' Berwajah Gus Dur Dilelang untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

Lukisan berjudul 'Gitu Aja Kok Repot' karya Ilham Khoiri, menampilkan wajah seorang Gus Dur dengan kalimat khasnya yakni 'Gitu Aja Kok Repot'.

TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Lukisan 'Gitu Ajah Kok Repot' berwajah Gus Dur akan dilelang untuk bantu korban bencana gempa Cianjur dalam dalam rangkaian konser kemanusiaan, bertajuk Gitaris Untuk Negeri, Rabu 7 Desember 2022. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Sebuah lukisan berwajah Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dilelang untuk bantu korban bencana gempa Cianjur, Jawa Barat.

Lukisan berjudul 'Gitu Aja Kok Repot' karya Ilham Khoiri, menampilkan wajah seorang Gus Dur dengan kalimat khasnya yakni 'Gitu Aja Kok Repot'.

Ungkapan tersebut, digambarkan lewat huruf aksara Arab pegon agar memberikan dampak yang lebih puitis secara visual.

Lukisan ini rencananya akan dilelang bersama dengan lima lukisan karya seniman lain dalam rangkaian konser kemanusiaan, bertajuk Gitaris Untuk Negeri, Rabu 7 Desember 2022 mendatang.

"Ini ditawarkan kepada publik, kolektor seni, pengusaha, atau siapapun yang tertarik. Ada sekitar enam lukisan yang ditawarkan dari beberapa seniman, yang kami masukkan dalam satu katalog. Katalog itu, kita share lewat sosial media. Sapapun yang tertarik bisa mengajukan tawaran untuk membeli karya itu," kata Ilham ditemui di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Menggambarkan seorang Gus Dur yang merupakan salah satu tokoh NU dan juga Presiden RI dengan ungkapan khasnya, lukisan ini kata Ilham memiliki makna mendalam.

Baca juga: Ridwan Kamil Beri Lukisan Untuk Megawati, Ini Makna Warna di Tubuh Bantengnya

'Gitu Ajah Kok Repot' ungkapan seorang Gus Dur yang terdengar sederhana di telinga, namun kaya akan makna.

Menggambarkan situasi dimana umat manusia, agar jangan sampai direpotkan, khususnya dengan berbagai identitas.

Mulai dari suku, agama, golongan, atau kelompok tertentu.

"Gus Dur ingin mengajak kita sebagai manusia, perlu saling menghargai apapun identitas kita," kata dia.

Hal ini yang kemudian menjadi inspirasi bagi seorang Ilham dalam menggambarkan ungkapan Gitu Aja Kok Repot ke dalam sebuah karya seni yang bernilai.

Lewat lukisan itu, ia menyampaikan agar sesama umat manusia harus saling membantu dan menghargai meskipun berasal dari suku atau agama berbeda.

"Itu lah yang kemudian saya tampilkan dalam lukisan ini, dengan menuliskan teks 'Gitu Aja Kok Repot' dalam aksara huruf Arab pegon," paparnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved