Besok Kaesang Nikah Saksinya 2 Menteri, Beda Jauh dengan Pernikahan Gibrang yang Disaksikan Ketua RT

Besok Kaesang nikah dimana saksinya adalah dua menteri di kabinet Jokowi. Hal itu beda jauh dengan pernikahan Gibrang yang disaksikan Ketua RT.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Yogi Jakarta
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Besok Kaesang nikah dimana yang bertindak sebagai saksinya adalah dua menteri di kabinet Jokowi. Hal itu beda jauh dengan pernikahan Gibrang yang disaksikan Ketua RT. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Saksi di pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono esok ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Basuki akan menjadi saksi dari pihak Kaesang selaku mempelai pria.

Sedangkan Pratikno saksi dari pihak mempelai wanita.

"Hari ini (berangkat ke Solo) jam 2 siang ini. Iya (langsung berangkat) kan besok saya jadi saksinya," kata Menteri Basuki saat ditemui di sela acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Menteri Basuki memastikan, pada siang ini, dirinya akan berangkat bersama rombongan serta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (PMK) Muhadjir Effendy.

Baca juga: 5 Menteri Bantu Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Maruf Amin Berharap Tak Ganggu Kinerja

Saat ditanya soal kemungkinan dirinya menyumbang lagu dalam acara pernikahan Kaesang-Erina, Basuki hanya tertawa.

Beda Jauh dengan Saksi Pernikahan Gibran

Saksi di pernikahan Kaesang tak jauh berbeda dengan saksi pernikahan kakak perempuannya, Kahiyang Ayu saat dipersunting Bobby Nasution pada 2017 silam.

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan calon istrinya Erina Gudono menjalani prosesi siraman dan sungkeman jelang pernikahan mereka.
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan calon istrinya Erina Gudono menjalani prosesi siraman dan sungkeman jelang pernikahan mereka. Di pernikahannya yang bakal berlangsung Sabtu (10/12/2022) esok, dua menteri bakal bertindak sebagai saksi. (ISTIMEWA via TribunSolo)

Di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, yang bertindak sebagai saksi ialah Wakil Presiden kala itu, Jusuf Kalla dari pihak wanita dan Menko Perekonomian kala itu, Darmin Nasution dari pihak mempelai wanita.

Sementara itu, saksi nikah Kaesang memang bak bumi dan langit bila dibandingkan dengan saksi pernikahan kakak sulungnya yakni Gibran Rakabuming Raka yang menikahi Selvi Ananda pada Juni 2015 silam.

Saat itu, saksi di pernikahan Gibran dengan Selvi adalah Ahyani yang merupakan Ketua RT di tempat tinggal Jokowi di Solo.

Dipilihnya Ketua RT sebagai saksi pernikahan Gibran memang keinginan dari Presiden Jokowi.

Jokowi ingin saksi pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda bukan dari kalangan pejabat tinggi.

"Akhirnya ya itu, yang jadi saksi nikah Ketua RT. Pak Yani," ujar sekretaris pribadi Jokowi, Anggit Nugroho di kediaman Jokowi, Jalan Kutai Utara, Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/6/2015) malam.

Baca juga: Mengenal Tradisi Siraman, Ritual Adat yang Dijalani Kaesang dan Erina Jelang Hari Pernikahan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved