Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022

Respon Tragedi Kanjuruhan, Iwan Bule Usulkan 1 Oktober Jadi Hari Libur Sepak Bola Indonesia

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengusulkan 1 Oktober menjadi hari libur bagi sepak bola di Indonesia sebagai respon Tragedi Kanjuruhan.

Tribunnews/Alfarizy AF
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat pembukaan Kongres Biasa PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (15/1/2023) 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengusulkan 1 Oktober menjadi hari libur bagi sepak bola di Indonesia.

1 Oktober menjadi hari yang kelam bagi dunia sepak bola tanah air karena di hari itu terjadi peristiwa kelam yang dikenal dengan tragedi Kanjuruhan.

Setidaknya 135 korban jiwa melayang usai pertandingan Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022.

Usulan mengenai hal itu disampaikan Iriawan saat pembukaan kongres biasa PSSI di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

"Sebagai respons dan keseriusan menyikapi tragedi kanjuruhan, kami dari PSSI ingin berikan usulan," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Baca juga: Kongres Biasa Hari Ini Jadi Momen Perpisahan Iwan Bule: Saya Putuskan Tak Maju Calon Ketum PSSI

"Usulan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 Oktober merupakan hari libur bagi semua kegiatan sepak bola Indonesia, apa itu turnamen kompetisi yang jelas kita kenang 1 Oktober," sambungnya.

Iwan Bule berharap seluruh pihak yang tergabung dalam kongres biasa itu setuju dengan apa yang ia usulkan.

Seperti diketahui, peserta kongres berasal dari perwakilan klub Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

"Mudah-mudahan semua sepakat dengan usulan PSSI. Usulan ini cara kita kenang korban Kanjuruhan," kata Iwan Bule.

"Mereka (korban tragedi Kanjuruhan) semua pahlawan, tanpa hadirnya penonton sepak bola seperti sayur tanpa garam," lanjutnya. (Alfarizy/M39)

Baca artikel menarik lainnya TribunJakarta.com di Google News

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved