Meski Tak Hujan, Eceng Gondok Menumpuk di Aliran Kali Laya Depok

Namun tak lama setelah diangkut, enceng gondok dalam jumlah banyak segera menumpuk di Kali Laya yang luapan airnya meredam pemukiman warga.

Meski Tak Hujan, Eceng Gondok Menumpuk di Aliran Kali Laya Depok
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tumpukan eceng gondok di Kali Laya, Sukmajaya, Depok, Minggu (14/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, SUKMAJAYA - Sekira dua pekan terakhir Kali Laya di Kecamatan Sukmajaya kerap tertutup eceng gondok yang berasal dari Situ Pengarengan.

Bowo (45) warga sekitar, mengatakan eceng gondok terus menumpuk di hilir perbatasan Situ Pengarengan dengan Kali Laya tanpa mengetahui alasan pastinya.

"Udah dua mingguan ini lah banyak enceng gondok, saya juga enggak tahu kenapa bisa gini. Padahal enggak hujan, biasanya numpuk gini kalau hujan doang," kata Bowo di Sukmajaya, Depok, Minggu (14/10/2018).

Meski tak mengetahui alasan pasti eceng gondok itu menumpuk, Bowo menduga hal itu karena adanya pengerjaan di Situ Pengarengan.

Dugaannya berdasar pada keberadaan satu beko di Situ Pengarengan tak lama sebelum eceng gondok mulai menumpuk.

"Mungkin karena ada proyek pengerukan situ, jadi eceng gondoknya pada pindah ke Kali Laya, soalnya di Situ Pengarengan ada Beko. Tapi enggak tahu juga beko itu ngapain. " ujarnya.

Hardiman (42), warga sekitar lainnya menuturkan tumpukan eceng gondok itu kerap diangkut beberapa kali dalam satu pekan oleh truk milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok.

Masih Banyak Pengunjung Danau Sunter yang Buang Sampah Sembarangan

Novri Setiawan Siap Kerja Keras Demi Raih Tiga Poin di Markas Madura United

Coach Teco Optimis Persija Bisa Curi Poin di Kandang Madura United

Namun tak lama setelah diangkut, enceng gondok dalam jumlah banyak segera menumpuk di Kali Laya yang luapan airnya meredam pemukiman warga.

"Kalau yang bersihin sih ada, petugas dari Dinas Kebersihan yang bawa truk. Kalau banjir juga biasanya mereka yang angkut sampahnya. Saya juga aneh sih, padahal hujan enggak turun, tapi enceng gondok menumpuk," tutur Hardiman.

Pantauan TribunJakarta.com, enceng gondok mulai menumpuk di hulu Kali Laya yang memisahkan antara Situ Pengarengan dengan Kali Laya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved