Satu Tahun Anies Baswedan, Catatan Perjalanan OK OTrip Hingga Berganti Jadi Jak Lingko

OK OTrip adalah program mengintegrasikan transportasi di Jakarta dengan membayar Rp 5 ribu dalam rentang waktu tiga jam.

Satu Tahun Anies Baswedan, Catatan Perjalanan OK OTrip Hingga Berganti Jadi Jak Lingko
TribunJakarta.com/Suci Febriastuti
Angkutan One Karcis One Trip (OK OTrip) rute Pondok Labu-Blok M atau OK-3 di Kawasan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (14/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Suci Febriastuti

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pada 16 Oktober 2018 mendatang, menjadi hari istimewa bagi Anies Baswedan lantaran dirinya sudah menjabat selama satu sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dalam satu tahun kebelakang, Anies Baswedan sudah banyak program dan kebijakan.

Satu diantaranya yakni program One Karcis One Trip (OK OTrip) yang ia gagas bersama Sandiaga Uno, yang kala itu menjabat sebagai wakilnya.

OK OTrip adalah program mengintegrasikan transportasi di Jakarta dengan membayar Rp 5 ribu dalam rentang waktu tiga jam.

Sejak diluncurkan pada pertengahan Januari lalu, program ini telah menjalani tiga kali perpanjangan masa uji coba.

Angkot OK Otrip mangkal di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (11/10/2018).
Angkot OK Otrip mangkal di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (11/10/2018). (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Uji coba pertama diterapkan pada pertengahan Januari hingga April 2018, diperpanjang kembali hingga 15 Juli 2018, dan yang ketiga kalinya OK OTrip di perpanjang hingga pertengahan Agustus 2018 lalu.

Pengamat Transportasi sekaligus Akademisi Transportasi Unika Soegijapranata di Semarang, Jawa Tengah, Djoko Setijowarno, menilai program OK OTrip yang digagas Anies-Sandi ini gagal.

Hal ini ia sampaikan berdasarkan jumlah penumpang OK OTrip yang masih sedikit.

"Lihat OK Otrip juga masih gagal. Dilihat dari segi penumpangnya. Ya kalau buat pengusahanya sih enggak masalah dapat duit. Mau kerja mau enggak, enggak urusan. Yang penting dibayarkan," kata Djoko saat dihubungi, Jumat (12/10/2018).

Halaman
123
Penulis: Suci Febriastuti
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help