Lion Air JT610 Jatuh

Satu Minggu Bertugas di Posko Evakuasi Lion Air, Perawat Sebut Kondisi Petugas Basarnas Masih Fit

Pengecekan kesehatan yang dilakukan misalnya tes tensi darah, gula darah, serta kolesterol para petugas Basarnas dan relawan lainnya di poskotis.

Satu Minggu Bertugas di Posko Evakuasi Lion Air, Perawat Sebut Kondisi Petugas Basarnas Masih Fit
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Perawat relawan 4x4 melakukan pengecekan kesehatan kepada petugas Basarnas, Senin (5/11/2018) sore di posko Dapur Air, Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Petugas kesehatan dari Relawan 4x4 melakukan tes kesehatan kepada petugas Basarnas di poskotis Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, setelah seminggu operasi SAR Lion Air PK-LQP berjalan, Senin (5/11/2018).

Mahfuzatul Aulia, perawat Relawan 4x4 yang sehari-harinya bekerja di RS Brawijaya, Jalan Antasari, Jakarta Selatan, mengatakan tes kesehatan dilakukan untuk mengetahui perkembangan kesehatan para tim SAR yang bertahan di posko.

Pengecekan kesehatan yang dilakukan misalnya tes tensi darah, gula darah, serta kolesterol para petugas Basarnas dan relawan lainnya yang berada di poskotis.

"Kita melayani kalo mau tes tensi, tekanan darah, terus kalo ada yang mau tes gula darah juga kolesterol bisa juga ke sini. Buat tim Basarnas, tim relawan yang lain juga boleh ke sini. Kita ada di pos dapur air dan relawan Jakarta 4x4 rescue," kata Mahfuzatul saat ditemui TribunJakarta.com.

Mahfuzatul mengatakan, selama seminggu bertugas, tak ada keluhan berat yang diajukan para petugas Basarnas saat pengecekan kesehatan.

Hanya saja, mengingat mereka jarang tidur dan waktu makan mereka tak menentu, Mahfuzatul perlu memberikan vitamin kepada para petugas Basarnas agar mereka tetap fit.

"Kita suntik daya tahan tubuh, ada juga yang kita infus untuk pencegahan. Kita kasih vitamin juga sehari-hari. Vitamin itu untuk mereka yang tidurnya kurang, makannya telat," kata Mahfuzatul.

Perawat relawan 4x4 melakukan pengecekan kesehatan kepada petugas Basarnas, Senin (5/11/2018) sore di posko Dapur Air, Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara
Perawat relawan 4x4 melakukan pengecekan kesehatan kepada petugas Basarnas, Senin (5/11/2018) sore di posko Dapur Air, Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Dia menjelaskan, per sore ini, sedikitnya 10 petugas Basarnas sudah dicek kesehatannya.

Hasilnya, 10 petugas tersebut memiliki tekanan darah 130/90, yang menurut Mahfuzatul masih normal dalam kondisi seperti sekarang ini.

"Dari sekian orang yang kita tensi, rata-rata tensinya di atas normal. Rata-rata 130/90. Itu sih masih dibilang normal, walaupun itu bisa dibilang tinggi, tapi karena pekerjaan juga itu masih dibilang normal. Nggak ada keluhan juga, karena sudah disuntik PMI juga," jelasnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved