Pileg 2019

Sulit Bersaing Melawan Gerindra, LSI Denny JA Prediksi Golkar Terlempar dari 2 Besar Pileg 2019

Partai Golkar diprediksi terancam terlempar dari posisi dua besar dalam pertarungan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019

Sulit Bersaing Melawan Gerindra, LSI Denny JA Prediksi Golkar Terlempar dari 2 Besar Pileg 2019
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa saat memaparkan hasil surveinya di Graha Dua Rajawali, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Partai Golkar diprediksi terancam terlempar dari posisi dua besar dalam pertarungan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Prediksi tersebut disampaikan oleh peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa saat memaparkan hasil survei pihaknya sejak Agustus hingga Desember 2018.

"Tak ada sumber pendongkrak baru (di Partai Golkar) yang sifatnya big bang. Partai Golkar akan sulit bersaing dengan Partai Gerindra," ujar Ardian Sopa, di Graha Dua Rajawali, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019).

Dalam lima kali survei LSI Denny JA, yang dilakukan pada Agustus hingga Desember 2018, belum sekalipun Partai Golkar mampu menyalip Partai Gerindra.

Hasil survei LSI Denny JA pada dua bulan terakhir, elektabilitas Partai Gerindra pada November 2018 sebesar 14,2 persen, sedangkan Partai Golkar sebesar 9,7 persen.

Sedangkan pada Desember 2018, elektabilitas Partai Gerindra juga unggul pada angka 12,9 persen, dan Partai Golkar sebesar 10,0 persen.

"Sebagai partai senior dan berpengalaman, Partai Golkar memiliki daya caleg dan mesin partai yang mumpuni. Namun catatannya adalah Partai Golkar harus menemukan sumber pendongkrak," ujar Ardian Sopa.

LSI Denny JA Sebut Gerindra dan Golkar Berebut Posisi 2 di Pileg 2019

Politikus Golkar Kritik Kebohongan Award yang Diinisiasi PSI

Tengku Zulkarnain Imbau Masyarakat Khatamkan Alquran Jelang Pemilu 2019, Mahfud MD Komentar Begini

Namun karena adanya masalah di dalam partai, seperti Setya Novanto dan Idrus Marham yang tersandung kasus korupsi jelang Pileg dan Pilpres 2019, bukan tak mungkin untuk pertama kalinya Partai Golkar akan terhempas dari dua besar Pileg.

"Untuk pertama kalinya Partai Golkar akan terlempar dari habitatnya sebagai partai yang selalu berada di posisi dua besar," ujar Ardian Sopa.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved