Pileg 2019

Survei LSI: 4 Partai Papan Tengah Belum Aman Tembus Ambang Batas Parlemen di Pileg 2019

"PKS punya mesin partai dan kader partai yang militan. PKS juga dikenal pandai merawat konstituen dan agresif menjelang pemilu," lanjut Ardian Sopa.

Survei LSI: 4 Partai Papan Tengah Belum Aman Tembus Ambang Batas Parlemen di Pileg 2019
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa saat memaparkan hasil surveinya di Graha Dua Rajawali, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut ada empat partai politik papan tengah peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang berpotensi tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT).

Adapun keempat partai tersebut adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Elektabilitas keempat partai ini masih sulit menembus angka empat persen. Meski berbeda peringkat, namun jarak elektabilitas keempat partai tidak terlalu jauh," ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di Graha Dua Rajawali, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019).

Perlu diketahui, ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) adalah batas suara minimal partai politik dalam pemilihan umum, yaitu sebesar 4 persen, untuk ikut dalam penentuan perolehan kursi di DPR. 

PT ini dibuat untuk menstabilkan hubungan antara Eksekutif dan Legislatif, dalam suatu negara demokrasi.

Sulit Bersaing Melawan Gerindra, LSI Denny JA Prediksi Golkar Terlempar dari 2 Besar Pileg 2019

Meski berpotensi tak lolos PT, Ardian Sopa mengatakan bahwa keempat partai tersebut memiliki pengalaman, sumber daya, kekuatan yang dapat digunakan untuk mendulang suara di Pemilu 2019.

"(Partai Nasdem) Punya kekuatan media dan sumber dana yang memadai. Masuknya sejumlah artis menjadi caleg Nasdem juga akan menjadi vote getter bagi partai," ujar Ardian Sopa.

"PKS punya mesin partai dan kader partai yang militan. PKS juga dikenal pandai merawat konstituen dan agresif menjelang pemilu," lanjut Ardian Sopa.

Berikut hasil survei LSI Denny JA terkait elektabilitas 9 besar Partai Politik dalam dua bulan terakhir :

1. PDI Perjuangan
November: 25,4 persen
Desember: 27,7 persen
2. Gerindra
November: 14,2 persen
Desember: 12,9 persen
3. Golkar
November: 9,7 persen
Desember: 10 persen
4. PKB
November: 6,2 persen
Desember: 6,9 persen
5. Demokrat
November: 4,1 persen
Desember: 3,3 persen
6. PKS
November: 2,9 persen
Desember: 3,3 persen
7. PPP
November: 3,4 persen
Desember: 3 persen
8. NasDem
November: 2,7 persen
Desember: 3,3 persen
9. Perindo
November: 2,2 persen
Desember: 1,9 persen

Adapun dalam proses surveinya, LSI Denny JA menggunakan metode multistage random sampling, dengan total 1.200 responden, yang dilakukan sejak Agustus hingga Desember 2018.

LSI Denny JA memakai teknik wawancara tatap muka responden dan menggunakan kuisoner, dilengkapi FGD, analisis media, dan indepth interview. Dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved