Bangunan Liar di Pinggir Kali Jadi Kendala Pembangunan Sheetpile di Jakarta Barat

Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imron mengatakan pembangunan sheetpile untuk masih terkendala keberadaan bangunan liar di pinggiran kali.

Bangunan Liar di Pinggir Kali Jadi Kendala Pembangunan Sheetpile di Jakarta Barat
TribunJakarta/Suci Febriastuti
Suasana pemasangan dinding turap atau sheetpile di Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Novian Ardiansyah

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imron mengatakan pembangunan sheetpile untuk mengatasi genangan dan banjir masih terkendala keberadaan bangunan liar di pinggiran kali.

Kendala itu pun, kata Imron, selalu terjadi setiap tahunnya saat akan melakukan pembangunan sheetpile.

"Kita cek ke lapangan, permasalahannya biasanya ya seperti itu tadi, setelah kita inves ada tembok warga, bangunan warga ada posko ormas, RW," kata Imron di Palmerah, Senin (11/2/2019).

Imron menjelaskan, sebelumnya warga pernah menyampaikan dukungannya untuk melakukan pembongkaran terhadap bangunan liar melalui surat pernyataan.

Namun kendati demikian, kata Imron, surat pernyataan tersebut malah menimbulkan masalah baru lantaran tidak semua warga menyetujui pembongkaran tersebut.

Maka dari itu, Sudin SDA Jakarta Barat pun meminta warga sekitar lokasi bangunan liar tersebut pula yang harus membongkar.

"Kita minta sterilkan dulu, kita tidak mau lagi ada surat pernyataan dari masyarakat, kadang-kadang masyarakat tenang pak nanti kita buat surat pernyataan dari masyarakat sekitar yang mendukung ini," tutur Imron.

"Tapi kita tidak mau, karena pengalaman kita kemarin sudah disosialisasi, ada surat pernyataan, dan pelaksanaanya tidak bisa berlanjut, akhirnya program itu yang seharusnya mengatasi genangan terputus," sambungnya.

Pembangunan Sheetpile di Kali Angke Kembangan Utara Terkendala Lahan Sengketa

Dinas SDA Pasang Sheetpile di Kali BGR Kelapa Gading untuk Antisipasi Banjir

Nantinya, kata Imron, jika keberadaan bangungan liar sudah dibongkar, pembangunan sheetpile pun bisa dilanjutkan.

"Kita bisa lanjutkan kalo masyarakat bisa mundurkan walaupun sekarang belum dapat dituntaskan, tapi kalo masyarakat mau mundur akan kita lanjutkan terhadap pekerjaan yang belum tuntas," jelas Imron.

Penulis: Novian Ardiansyah
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved