Tahun Ini Pemkot Depok Tidak Sebar Benih Ikan di Situ

Penyebaran benih ikan, lanjut Deni juga tak sembarang karena harus melihat air tempat Situ yang nantinya jadi tempat hidup ikan.

Tahun Ini Pemkot Depok Tidak Sebar Benih Ikan di Situ
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Warga sedang memancing di Situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Minggu (20/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Tak adanya usulan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkatan Kota tahun 2018 lalu membuat Pemkot Depok tak menyebar benih ikan ke Situ di tahun 2019 ini.

Kasi Budidaya Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok Deni Setiawibawa mengatakan benih ikan terakhir yang disebar Pemkot Depok terakhir pada tahun 2018 lalu.

"Untuk 2019 tidak ada, hanya di 2018. Tahun ini tidak ada karena di Musrembang tahun lalu enggak ada. Kalau untuk Musrembang tahun ini belum tahu ada atau tidak," kata Deni di Balaikota Depok, Selasa (12/2/2019).

Tahun lalu, DKPPP Kota Depok menyebar 30 ribu benih ikan Nila, Mujair, dan Ikan Mas, dan sejumlah ikan lainnya ke sejumlah Situ yang ada di Depok.

Di antaranya Situ Pedongkelan, Situ Pengarengan, Situ Sawangan, dan Situ Rawa Besar yang diterima setiap masing-masing Pokja.

"Penyebaran untuk menambah biota perairan agar ikan tidak sampai punah. Tahun 2017 kita sebar 2,5 juta benih. Ada Ikan Mas, Nila, Udang Galah, ikan endemik (ikan asli rawa sungai) ada Nilem, Tawes," ujarnya.

Pemkot Depok Minta Kontraktor Situ Pedongkelan Lakukan Pemeliharaan

Penyebaran benih ikan, lanjut Deni juga tak sembarang karena harus melihat air tempat Situ yang nantinya jadi tempat hidup ikan.

Selain menjaga populasi, penyebaran benih ikan diharapkan mampu menambah penghasilan warga yang bermukim dekat Situ karena banyak pemancing yang datang.

"Sebelum penebaran kita lihat perairannya. Airnya model begini cocoknya apa, jadi disesuaikan. Penyebaran benih ikan juga untuk menambah penghasilan warga sekitar," katanya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved