Pemilu 2019

1.324 Surat Suara Ditemukan Rusak Dalam Waktu 1 Minggu di Depok

Mayoritas, kerusakan yang terjadi pada ribuan surat suara tersebut disebabkan oleh cacat produksi, seperti terpotong

1.324 Surat Suara Ditemukan Rusak Dalam Waktu 1 Minggu di Depok
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Ketua Bawaslu Kota Depok Dede Slamet Permana saat ditemui di Cilodong, Depok, Rabu (4/7/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK - Sebanyak 1.324 surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Depok, ditemukan rusak dalam kurun waktu satu minggu.

Hal tersebut, dituturkan oleh Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kota Depok Dede Slamet, ketika dikonfirmasi wartawan.

“Hasil pengawasan kami selama satu minggu proses sortir lipat di gudang KPU Kota Depok, ada 931 surat suara DPRD Provinsi Jawa Barat dan 393 surat suara Kabupaten Kota dari empat dapil di Depok,” kata Dede Slamet, Senin (18/3/2019).

Mayoritas, kerusakan yang terjadi pada ribuan surat suara tersebut disebabkan oleh cacat produksi, seperti terpotong hingga menyebabkan surat suara tidak sempurna.

Temuan 1.324 surat suara yang rusak dalam kurun waktu satu minggu, diperediksi akan terus bertambah jumlahnya.

Hal tersebut dikarenakan, hari ini pun proses pengecekan dan pelipatan masih terus dikerjakan, dan pihaknya baru aka menerima laporan kerusakan tersebut pada sore atau pun malmam hari.

Suasana pelipatan surat suara Pemilu 2019 yang dikerjakan sekira 200 orang di GOR Larangan, Kota Tangerang, Kamis (14/3/2018).
Suasana pelipatan surat suara Pemilu 2019 yang dikerjakan sekira 200 orang di GOR Larangan, Kota Tangerang, Kamis (14/3/2018). (TribunJakarta.com/EgaAlfreda)

Selain itu, Dede menuturkan pihaknya juga mendapati ada selisih surat suara DPRD Provinsi Jawa Barat.

“Kami menghitung hanya ada 1.323.308 lembar surat suara DPRD Provinsi Jawa Barat di Gudang KPU padahal sebelumnya ada 1.335.525 surat suara yang masuk, jadi selisih 12.217,” tandasnya.

Bertemu Plt Bupati Bekasi, Warga Akhirnya Bersedia Buka TPA Burangkeng

Berparas Rupawan, 3 Pengungsi Afghanistan Terlibat Hubungan Asmara dengan Wanita Bersuami

Dihadiri Keluarga Korban, Sidang Kasus Pembunuhan Satu Keluarga Ricuh, Kepala Terdakwa Dipukul

Lanjut Dede, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan KPU Depok untuk ajukan tambahan surat suara ke KPU Pusat terkait selisih surat suara tersebut.

“Kalau memang ditemukan nanti setelah dipastikan berapa kurangnya, itu harus segera dilakukan pengajuan untuk ditambah sehingga nanti pada hari pelaksanaan tidak terjadi kekurangan. Ini kan kita masih punya waktu, kami harap KPU bisa mencukupkan itu,” imbuhnya.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved