Puan Maharani Disebut-sebut Jadi Calon Kuat Ketua DPR 2019-2024, Cak Imin: Cocok Sekali

Nama politisi PDI-Perjuangan Puan Maharani disebut-sebut berpeluang besar menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024.

Puan Maharani Disebut-sebut Jadi Calon Kuat Ketua DPR 2019-2024, Cak Imin: Cocok Sekali
TRIBUNJAKARTA.COM/SUCI FEBRIASTUTI
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di Kantor PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Politikus PDI-Perjuangan Puan Maharani disebut-sebut punya peluang besar menjadi Ketua DPR periode 2019-2024.

Berdasarkan pasal 472D ayat (1) Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), posisi Ketua DPR pada periode selanjutnya akan diduduki partai pemenang Pemilu 2019.

Mencuatnya nama Puan Maharani itu rupanya mendapat tanggapan dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Ia menilai bahwa putri dari Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu layak menyandang jabatan Ketua DPR.

"Cocok, cocok sekali. Mbak Puan sangat layak jadi ketua DPR," ujar Muhaimin di rumah dinas Ketua DPR Bambang Soesatyo, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019) malam.

Politisi yang akrab disapa Cak Imin itu mengatakan, jika Puan terpilih, maka DPR akan membuat sejarah dengan memiliki pimpinan perempuan terutama.

"Mbak Puan mungkin akan membuka sejarah perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI dalam sejarah," kata Wakil Ketua MPR itu.

Secara terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Eriko Sotarduga mengatakan nama yang cukup kuat di internal partai untuk menduduki jabatan ketua DPR adalah Puan Maharani.

"Memang di internal kami belum ada pembicaraan resmi mengenai ini karena kami masih fokus pada penghitungan. Tetapi jujur ada diskusi di internal kami bahwa ada 5 hal yang membuat kenapa (posisi ketua DPR) menguat kepada Mba Puan Maharani," ujar Eriko ketika dihubungi, Selasa (14/5/2019).

Cerita Kiai NU Diundang Menteri Pendidikan yang Muhammadiyah, Bahas Madrasah Insaniyah

Cara Ampuh PSSI dan PT LIB Hindari Praktik Suap dan Pengaturan Skor di Liga 1 2019

Eriko mengatakan pihaknya tidak ingin mendahului keputusan resmi partai.

Halaman
12
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved