KKP Bandara Soekarno-Hatta Beri Imbauan kepada Maskapai Soal Pencegahan Penyebaran Cacar Monyet

Imbauan tersebut berupa peningkatan pengawasan terutama kesehatan setiap manifest atau penumpang penerbangan yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

KKP Bandara Soekarno-Hatta Beri Imbauan kepada Maskapai Soal Pencegahan Penyebaran Cacar Monyet
ISTIMEWA/FACE2FACE AFRICA
Kondisi kaki yang terserang virus cacar monyet atau monkeypox. 

Laporan WartawanTribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Bandara Soekarno-Hatta mengeluarkan imbauan kepada sejumlah maskapai terkait penyebaran cacar monyet atau Monkey Pox.

Imbauan tersebut berupa peningkatan pengawasan terutama kesehatan setiap manifest atau penumpang penerbangan yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala KKP Kelas I Bandara Sorkarno-Hatta, Annas Maruf mengimbau untuk segera mendata semua riwayat kesehatan penumpangnya yang akan mendarat terutama yang sedang sakit.

Hal itu, menurut Annas, Bandara Soekarno-Hatta merupakan gerbang pertama Indonesia terhadap dunia.

"Segera menyampaikan dokumen kesehatan pesawat berupa gendec dan manifes penumpang sesaat setelah mendarat kepada petugas kesehatan di pos kesehatan KKP Terminal penerbangan internasional," imbau Annas di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (15/5/2019).

Imbauan tersebut, kata Annas, berlaku tidak hanya untuk pesawat komersil namun berlaku juga untuk pesawat kargo, pesawat charter juga ground handling.

Annas juga mengimbau keras untuk tidak langsung melakukan kontak fisik dari kulit ke kulit apa bila menangani penumpang yang sakit saat di udara dan di terminal.

"Semua petugas yang kontak dengan penumpang yang sakit wajib menggunakan alat pelindung minimal berupa masker dan sarung tangan," ujar Annas.

Menurutnya, pengamanan kesehatan yang lebih ketat tersebut sejak maraknya kabar bahwa Singapura positif teridentifikasi terserang cacar monyet atau monkey pox pada Kamis (8/5/2019).

Yayasan Tiara Cipta, Tempat Penyalur Baby Sitter Langganan Artis dan Pejabat

Alih Fungsi, Lubang Galian di Jalan Margonda Kini Jadi Tempat Sampah

Ketua RT Sebut Penggusuran di Komplek Rumah Pribadi Menteri PUPR Belum Jelas

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved