SBMPTN 2018

Usai Ujian SBMPTN, Calon Mahasiswa Baru Langsung Cek Kisi-kisi

"Iya ini dicek benar tidak jawab soalnya tadi. Sedikit tidak percya diri di soal sejarah, banyak yang lupa materinya," ujar Deandra.

Usai Ujian SBMPTN, Calon Mahasiswa Baru Langsung Cek Kisi-kisi
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Beberapa peserta SBMPTN mengecek kisi-kisi usai pelaksanaan ujian di UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (8/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nawir Arsyad Akbar

TRIBUNJAKARTA.COM, RAWAMANGUN - Tes kemampuan dasar sosial dan hukum (TKD Soshum) menjadi ujian terakhir dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 hari pertama.

Usai mengerjakan TKD Soshum, beberapa peserta SBMPTN Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terlihat langsung mengecek materi dan kisi-kisi yang sudah dipelajari sebelumnya.

"Iya ini dicek benar tidak jawab soalnya tadi. Sedikit tidak percya diri di soal sejarah, banyak yang lupa materinya," ujar Deandra, peserta SBMPTN di UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (8/5/2018).

Beberapa peserta SBMPTN mengaku dalam TKD Soshum yang barusan dikerjakannya, mata pelajaran geografi dan sejarah menjadi momok yang menyulitkan para peserta.

Mereka mengaku kedua mata pelajaran terasa sulit karena banyaknya angka yang harus dingat, dan justru saat ujian dilupakan.

Suasana kampus UNJ Rawamangun, ujian SBMPTN, Selasa (8/5/2018).
Suasana kampus UNJ Rawamangun, ujian SBMPTN, Selasa (8/5/2018). (TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR)

"Banyak istilah sama tahun yang lupa saat ujian tadi. Padahal udah belajar tadi, tapi lupa juga," ujar Septian, peserta SBMPTN.

Hari pertama penyelenggaraan SBMPTN untuk ujian tertulis yang akan dimulai pukul 07.00 WIB, sedangkan hari kedua dan ketiga diperuntukan untuk beberapa program studi yang menerapkan ujian praktek seperti jurusan olahraga, seni tari, seni musik, dan seni rupa.

Khusus untuk ujian SBMPTN hari kedua, nantinya Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti) Mohamad Nasir akan hadir meninjau penyelenggaraan ujian.

Penulis: Nawir Arsyad Akbar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved