Pilpres 2019

Prabowo Subianto Berpidato Dibantu Teleprompter, Sederet Tokoh Berkomentar

Hampir satu jam calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berpidato menggebu-gebu, aksentuasinya jelas, lantang.

Prabowo Subianto Berpidato Dibantu Teleprompter, Sederet Tokoh Berkomentar
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Jelang debat capres 2019, Prabowo Subianto memberikan pernyataan yang kontroversial dalam Pidato Kebangsaan pada Senin (14/1/2019) di JCC. Dalam Pidato Kebangsaan tersebut, dihadiri sejumlah tokoh politik dan pendukung Prabowo Subianto, seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Amien Rais, Zulkifli Hasan, Titiek Suharto, dan lainnya. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Hampir satu jam calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berpidato menggebu-gebu, aksentuasinya jelas, lantang.

Setelah pidato Indonesia Menang di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Senin (14/1/2019) malam, pendukungnya bersorak, memuji sang capres mahir berbicara tanpa teks.

Prabowo Subianto berbicara dibantu teleprompter, yaitu dua kaca di depan tokoh yang sedang berpidato. Fungsinya sebagai alat bantu.

Ienas Tsuroiya yang mengungkap pidato Prabowo Subianto dengan membuat tulisan berjudul TELEPROMPTER di Facebook dihujat.

Begini unggahan istri Ulil Absar Abdalla tentang teleprompter yang bikin panas pendukung Prabowo Subianto karena haqul yakin capresnya berbicara tanpa teks!

Ienas Tsuroiya adalah putri dari KH Mustofa Bisri alias Gus Mus.

TELEPROMPTER

Tadi tergelitik baca postingan teman saya yang memuji-muji pidato Pak Prabowo dengan penekanan, "disampaikan tanpa teks!" Saya terus-terang ngga nonton, tapi ketika fotonya nongol di medsos, saya langsung tahu kalau beliau menggunakan teleprompter. Bukan hal yang aib, lha wong Obama yang dikenal sebagai orator ulung saja selalu pake teleprompter kok. Baca saja beritanya, sampe dia sering diolok-olok lawan politik "ngga bakalan bisa ngomong kalau ngga pake teleprompter"..

Saingat saya, pertama kali melihat secara langsung tokoh publik di Indonesia yang berpidato memakai teleprompter adalah Pak Aburizal Bakrie, dalam acara Bakrie Award beberapa tahun lalu. Tamu di sebelah saya pun sempat terkagum-kagum, "Kok bisa dia menghafal teks pidato sepanjang itu ya.. ?" Saya cuma senyam-senyum saja. Memang dari sisi audiens, tulisannya ngga kebaca. Jadi kesannya seperti pidato tanpa teks.

Tapi teman saya masih ngeyel, ngga percaya. Ya wislah.

Halaman
1234
Penulis: yogi gustaman
Editor: Wahyu Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved