Breaking News:

Dinkes Kota Bekasi: Pemberantasan Sarang Nyamuk Melalui Fogging Merupakan Cara Terakhir

Dezi menjelaskan, sebelum fogging dilakukan, harus ada langkah-langkah yang terlebih dahulu dilakukan.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Muhammad Zulfikar
Tribunnews.com/net
Nyamuk demam berdarah 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Kepala Bidang Pencehahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, mengatakan, antisipasi pencegahan wabah demam berdarah dengue (DBD) dengan cara fogging atau pengasapan merupakan langkah terkahir yang dapat dilakukan.

Dezi menjelaskan, sebelum fogging dilakukan, harus ada langkah-langkah yang terlebih dahulu dilakukan.

"Yang jelas jika ada kasus yang terlaporkan berdasarkan KDRS (Kewaspadaan dini rumah sakit), akan dilakukan dengan PE (Penyelidikan epidemologi)," kata Dezi, Jumat, (1/2/2019).

Dezi melanjutkan, jika hasil penyelidikan epidemologi positif ditemukan jentik nyamuk di rumah salah satu warga, langkah yang harus dilakukan pertama yakni pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

"Jadi PSN itu pencegahan masyarakat di rumah masing-masing diminta untuk aktif melakukan upaya 3 M plus," kata Dezi.

Adapun 3M plus yaitu, menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air atau genangan.

Lalu menutup rapat tempat-tempat seperti drum, toren air, ketiga memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk berkembang biak dan menimbulkan wabah penyakit DBD.

"Lalu langkah plus adalah menaburkan bubuk larvasida, atau biasa disebut bubuk abate, atau bisa juga memelihara ikan yang bisa memakan jentik nyamuk," jelas dia.

Untuk itu Dinkes Kota Bekasi, sejauh ini telah menyusun instruksi langsung yang nantinya diedarkan ke tiap-tiap kecamatan dan kelurahan agar melakukan kegiatan PSN secara serentak di masing-masing wilayah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved