Sudin LH Jakarta Barat Ingin Jadikan Komplek Kebersihan Bambu Larangan Wisata Edukasi Sampah

Kawasan Komplek Kebersihan Bambu Larangan, Cengkareng, Jakarta Barat direncanakan sebagai lokasi wisata edukasi pengolahan sampah.

Sudin LH Jakarta Barat Ingin Jadikan Komplek Kebersihan Bambu Larangan Wisata Edukasi Sampah
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Bank Sampah Induk (BSI) Satu Hati di Komplek Kebersihan, Bambu Larangan, Cengkareng, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG - Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto berencana menjadikan kawasan Komplek Kebersihan Bambu Larangan, Cengkareng, Jakarta Barat sebagai lokasi wisata edukasi pengolahan sampah.

Edy mengatakan hal itu karena di area tersebut terdapat beberapa lokasi pemilahan sampah.

Diantaranya, terdapat Bank Sampah Induk (BSI) Satu Hati yang dapat mengolah sampah-sampah ‎plastik menjadi berbagai barang bermanfaat, seperti menjadi hiasan hasil keterampilan tangan.

Sampah-sampah tersebut dibeli dari para warga yang mengumpulkan sampah-sampah plastik.

Dikatakan Edy, BSI Satu Hati dalam sehari mampu mereduksi sampah sebanyak 10-15 ton dengan menghasilkan omzet mencapai Rp 15 juta ‎per harinya.

"‎Kita harapkan wisata edukasi adanya disini, kita belajar tentang mengolah sampah, jadi agar sejak anak usia dini sudah tertanam di otaknya bagaimana sih mengolah sampah yang baik," kata Edy kepada TribunJakarta.com, Kamis (28/2/2019).

Edy mengatakan sejak dibangun pada 2017, sudah banyak pelajar maupun mahasiswa yang datang ke lokasi BSI Satu Hati untuk melihat proses pengolahan sampah plastik.

Tak hanya masyarakat lokal, terhitung ada 21 perwakilan negara asing yang studi banding ke tempat ini untuk melihat langsung proses pengolahan sampah yang ada.

"Dari beberapa negara sudah pernah datang ke sini, salah satunya dari Jepang yang bahkan sampai tiga hari study banding di Bank Sampah Induk ini," kata Edy.

Halaman
12
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved