PPDB 2019

Pendaftar PPDB Tahfidz Quran SMPN di Kota Bekasi Berpeluang Lolos, Begini Triknya

"Dua kali kesempatan mendaftar, jika tidak lolos, peserta bisa mendaftar di sekolah lain selama tiga hari itu," jelas dia.

Pendaftar PPDB Tahfidz Quran SMPN di Kota Bekasi Berpeluang Lolos, Begini Triknya
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Proses verifikasi berkas tahfidz quran PPDB tingkat SMPN Kota Bekasi yang berlangsung di SDN Margahayu 5 Kota Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi tahfidz quran berpeluang besar lolos. Sebab, dari kuota penerimaan yang disedikan, hanya ada 92 orang yang dipastikan mendaftar melalui tahap verifikasi ujian hafalan pada, 17-20 Juni 2019 lalu.

Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Mawardi mengatakan, di jalur prestasi tahfidz quran, pihaknya menyiapkan sebanyak 2 persen kuota penerimaan atau sebanyak 240 kursi dari total 14.544 kursi di 56 SMPN di Kota Bekasi.

"Lolos kalau dia (peserta) memilih di satu sekolah yang kuotanya belum terpenuhi, rata-rata satu sekolah kuota untuk tahfidz sekitar 5-6 orang, kalau yang daftar misal 8 orang di satu sekolah, pasti harus ada yang tersisih," kata Mawardi kepada TribunJakarta.com, Jumat (28/6/2019).

Namun dia melanjutkan, untuk peserta yang tersisih, bisa kembali mendaftar di sekolah berbeda. Adapun pembukaan pendaftaran secara online akan dibuka pada 1 sampai 3 Juli 2019 mendatang.

Peserta PPDB Jalur Tahfidz Quran Tingkat SMP di Bekasi Rata-rata Hafal Satu Juz

"Dua kali kesempatan mendaftar, jika tidak lolos, peserta bisa mendaftar di sekolah lain selama tiga hari itu," jelas dia.

Mawardi menambahkan, jalur prestasi tahfidz quran dibuka untuk pertama kali di tahun ajaran ini.

Dari 92 orang yang sudah melakukan verifikasi dan ujian tes hafalan, rata-rata mampu menghafal 1 sampai 3 juzz.

"Rata-rata hafal 1-3 juzz mereka mendaparkan 100 poin yang nantinta akan diakumilasi dengan nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional)," ujarnya.

Adapun tahapan PPDB SMPN Kota Bekasi dilakukan tahap pra pendaftaran yang dibuka 17 juni sampai dengan 29 Juni 2019. Pra pendafataran ini berupa tahapan verifikasi berkas untuk jalur zonasi radius atau afirmasi, jalur prestasi akademik dan non akademik serta tahfidz quran dan jalur perpindahan orangtua.

Tahapan selanjutnya yakni, pendaftaran secara online yang dibuka pada 1-3 Juli 2019. Calon peserta didik baru dapat melakukan pendaftaran di sekolah maupun mendaftra secara mandiri di rumah melalui website https://bekasi.siap-ppdb.com.

Setelah mendaftar, calon peserta didik dapat melihat hasil pengumuman pada, Kamis, 4 Juli 2019.

Jika dipastikan lolos, tahapan berikutnya siswa dapat melakukan lapor diri ke sekolah pada Selasa, 5 dan 6 Juli 2019.

Jika tahapan seluruh sudah rampung dan masih terdapat kursi kosong, Disdik Kota Bekasi akan kembali membuka pendaftaran gelombang kedua pada 8 sampai 9 Juli 2019.

Pendaftaran gelombang kedua ini hanya akan dibuka melalui jalur zonasi saja.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved