Kendala Administrasi Jadi Alasan LRT Jakarta Belum Beroperasi Secara Komersial Hingga Kini

Diketahui, LRT Jakarta sebelumnya dijadwalkan untuk melaksanakan uji coba publik pada tanggal 11 hingga 21 Juni 2019 lalu.

Kendala Administrasi Jadi Alasan LRT Jakarta Belum Beroperasi Secara Komersial Hingga Kini
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Stasiun LRT Velodrome, Rawamangun Jakarta Timur, Kamis (11/7/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, RAWAMANGUN- Corporate Communication Manager PT LRT Jakarta Melisa Suciati mengatakan, kendala proses administrasi jadi alasan mengapa Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta belum juga dioperasikan secara komersial.

Menurut Melisa Suciati, saat ini pihaknya masih menunggu proses yang berlangsung hingga belum bisa dipastikan kapan LRT Jakarta mulai dikomersialkan.

"Saat ini proses administrasi masih terus dilakukan. Harapannya dalam minggu ini atau minggu depan sudah ada titik terangnya dari perusahaan holding kami yaitu PT Jakpro soal progres administrasinya," kata Melisa di Stasiun LRT Velodrome, Kamis (11/7/2019).

Diketahui, LRT Jakarta sebelumnya dijadwalkan untuk melaksanakan uji coba publik pada tanggal 11 hingga 21 Juni 2019 lalu.

Namun, uji coba publik tersebut diperpanjang dan masih terus berlanjut hingga saat ini.

Melisa pun membantah adanya kerugian yang disebabkan oleh lamanya proses ujicoba publik ini. Menurut dia, fase uji coba publik merupakan rangkaian kesiapan LRT Jakarta untuk menuju operasi komersil.

"Pada dasarnya, sekarang pun udah beroperasi. Sudah bisa digunakan dari pagi 05.30 WIB hingga 23.00 WIB. Hanya sekarang tinggal statusnya aja. Untuk trial run ini memang sudah ada di pergubnya, dan udah jadi ketentuan untuk kita LRT melakukan trial run. Jadi memang gak mengada-ngada. Ini jadi bagian kesiapan kami menuju operasi komersil," bebernya.

Perlu diketahui, Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta rute Rawamangun-Kelapa Gading, telah mengangkut lebih dari 211 ribu penumpang selama masa uji coba publik hingga Rabu, 10 Juli 2019 kemarin.

Surjana Gantungkan Hidup dari Jual Cacing dan Lumut di Jalan Akses Marunda

Tidak Langsung Balik ke Jakarta, Anies Baswedan Langsung ke Amerika Serikat Usai dari Kolombia

Senjata Api yang Digunakan Perampok Toko Emas di Tangerang Ternyata Palsu, Cuma Korek Api

Menurut Melisa, masyarakat yang menggunakan LRT Jakarta selama masa uji coba, bukan hanya warga yang hanya sekedar menjajal saja.

Melainkan, juga masyarakat yang ingin bekerja di sekitar Rawamangun, dan Kelapa Gading. Mereka sudah menggunakan LRT Jakarta sebagai angkutan transportasinya setiap hari.

"Sampai saat ini, uji publik sudah berjalan mulai dari 11 Juni sampai hari ini. Alhamdulilah animo masyarakat masih tinggi. Kemarin malam, kita tutup di jam 11 malam. Itu sudah ada sekitar 211.000 lebih penumpang yang sudah berpartisipasi dan ikut serta dalam uji publik ini," pungkas dia.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved