Satu Pekan Lebih Dibersihkan, Begini Penampakan Kali Bahagia yang Sempat Dipenuhi Sampah

Tumpukan sampah yang kemarin sempat memenuhi hampir sebagian besar permukaan kali kini telah diangkut.

Satu Pekan Lebih Dibersihkan, Begini Penampakan Kali Bahagia yang Sempat Dipenuhi Sampah
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Jembatan diperbatasan Perumahan Sektor 5 dan Perumahan Graha Persada Sentosa Bekasi lokasi titik tumpukan sampah Kali Bahagia kini sudah rapih dicat merah putih. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BABELAN - Tumpukan sampah sepanjang kurang lebih 1,5 kilo meter di Kali Bahagia, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, selama lebih dari satu pekan dibersihkan pemerintah setempat.

Tumpukan sampah yang kemarin sempat memenuhi hampir sebagian besar permukaan kali kini telah diangkut.

Pemkab Bekasi melalui Dinas Kebersihan menerjunkan ratusan personel terdiri dari petugas dinas, personel TNI dari Satgas Citarum Bersih, warga setempat dan perosnel kecamatan dan kelurahan.

Pembersihan sampah Kali Bahagia sudah dimulai sejak 31 Juli 2019, diawali dengan cara manual, lalu keesokan harinya, 1 Agustus 2019, pembersihan besar-besaran dilakukan dengan menerjunkan satu alat berat dan belasan truk sampah.

Kali Bahagia kini nampak lebih elok ketimbang sebelumnya. Ditambah, jembatan di lokasi titik tumpukan sampah, tepatnya di perbatasan antara Perumahan Sektor 5 dengan Perumahan Graha Persada Sentosa dicat berwarna merah putih menambah kesan rapih pada lingkungan sekitar kali.

Kali Bahagia yang sempat dipenuhi sampah kini mulai membaik usai dibersihkan petugas menggunakan alat berat sejak 1 Agustus 2019 lalu. Sabtu (10/8/2019).
Kali Bahagia yang sempat dipenuhi sampah kini mulai membaik usai dibersihkan petugas menggunakan alat berat sejak 1 Agustus 2019 lalu. Sabtu (10/8/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Meski begitu, beberapa sampah sisa pembersihan masih terlihat berserakan di bibir sungai. Sampah yang didominasi plastik ini nampaknya belum sempat terangkut petugas saat proses pembersihan.

"Proses pembersihan masih berlanjut, petugas saya masih siaga disana tapi sudah berjalan ke arah hulir kali ya," kata Dodi saat dikofirmasi, Sabtu (10/8/2019).

Selama proses pembersihan itu, Dinas LH tidak kurang telah mengangkut 55 ton sampah dari permukaan Kali Bahagia. Jumlah itu belum seluruhnya dapat terangkut.

Sebab kata Dodi, petugas lapangan memiliki kendala sulitnya akses masuk truk sampah, sehingga terpaksa sampah setelah dikeruk menggunakan alat berat, selanjutnya hanya dipinggirkan di sisi kali.

"Itu untuk yang dibagian hilirnya ya akses kendaraan truk tidak bisa masuk, kalau di sekitar jembatan dekar perumahan sudah kita angkut semua sampahnya ke TPA Burangkeng," jelas dia.

Adapaun menurut warga setempat, tumpukan sampah yang sempat memenuhi Kali Bahagia sudah terjadi sejak dua bulan terkahir, sampah-sampah ini merupakan sampah kiriman dari hulu sungai yang melintasi beberapa wilayah.

Wilayah yang dialiri kali tersebut meliputi perumahan Sektor 5 Kecamatan Babelan, Perumahan Pondok Ungu Permai, Perumahan Graha Sentosa di Bekasi Utara (Kota Bekasi), serta beberapa pemukiman warga lain baik di Kota dan Kabupaten Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved