Gubernur Anies Baswedan Bingung Bekasi dan Depok Mau Gabung Jakarta

Anies Baswedan mengaku heran lantaran belakangan ini banyak wilayah penyangga Jakarta, seperti Depok dan Bekasi yang ingin bergabung dengan Jakarta.

Gubernur Anies Baswedan Bingung Bekasi dan Depok Mau Gabung Jakarta
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Gubernur Anies Baswedan saat ditemui di Pulau Maju, Penjaringan, Jakarta Utara usai upacara HUT ke-74 RI, Sabtu (17/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur Anies Baswedan mengaku heran lantaran belakangan ini banyak wilayah penyangga Jakarta, seperti Depok dan Bekasi yang ingin bergabung dengan DKI Jakarta.

"Baiknya gimana yah? Kenapa pada ingin gabung? Kita maju bersama yah," ucapnya kepada awak media, Kamis (22/8/2019).

Menurut Anies, jika dilihat dari segi perekonomian, dua wilayah penyangga ibu kota itu memang sudah terintegrasi dengan Jakarta.

Terlebih, DKI Jakarta selalu berkaca dari dua wilayah itu dalam menentukan upah sektoral.

"Secara perekonomian memang kawasan ini sudah terintegrasi, itu kenyataannya. Bahkan, Jakarta ketika menentukan upah sektoral melihat kesamaan antar wilayah," ujarnya.

Anies pun tak ingin ambil pusing, ia mengaku akan menyerahkan seluruh keputusan tersebut kepada pemerintah pusat.

Apapun keputusan yang nantinya akan diambil oleh pemerintah pusat, Anies menyebut, pihaknya akan mematuhi dan menjalankannya dengan taat.

"Tentang status tata pemerintahannya itu prosesnya di pemerintah pusat. Jadi keputusannya bukan wewenang DKI, tapi wewenangnya pusat," kata Anies di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"Apabila pemerintah pusat memutuskan ada perubahan dalam pembagian tata pemerintahaan, kami akan taati," tambahnya menjelaskan.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved