PMI: Anak dan Remaja Rentan Terserang Kesehatan Fisik dan Psikologi

Menurutnya hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti wilayah tempat tinggal yang rawan hingga kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kesadaran

PMI: Anak dan Remaja Rentan Terserang Kesehatan Fisik dan Psikologi
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Palang Merah Indonesia mengadakan latihan gabungan (Latgab) di Kecamatan Karawaci, Sabtu (24/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, KARAWACI - Palang Merah Indonesia (PMI) mengatakan bahwa anak-anak rentan dalam serangan fisik dan psikologis

Hal tersebut dikataka Edi Hafas selaku ketua PMI Kecamatan Karawaci saat melakukan latihan gabungan (Latgab) di Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Sabtu (24/8/2019).

"Anak dan remaja memang merupakan kelompok cukup rentan terhadap dampak bencana maupun masalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikologi," jelas Edi.

Menurutnya hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti wilayah tempat tinggal yang rawan hingga kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kesadaran untuk mengurangi resiko.

Maka dari itu menurut Edi, Palang Merah Remaha (PMR) sebagai anggota remaja dari PMI mempunyai peran dan peluang mempengaruhi kelompok sebayanya.

"Baik di sekolah maupun luar sekolah untuk meningkatkan keterampilan hidup sehingga dapat mengurangi dampak yang di timbulkan akibat bencana dan masalah kesehatan," sambung Edi.

Melalui pendekatan pendidikan remaja sebaya, anak dan remaja akan bersama-sama bertukar informasi, menemukan masalah, merancang dan membuat kesepakatan solusi melalui kegitan dan perilaku pengurangan resiko.

"Perilaku positif yang di awali sejak dini akan berdampak pada kegiatan kualitas hidup di masa mendatang dan memberikan pengaruh kepada perilaku positif orang dewasa," ungkap Edi.

Maka dari itu Palang Merah Indonesia mengadakan latihan gabungan (Latgab) di Kecamatan Karawaci, Sabtu (24/8/2019).

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved