IMI Sebut Kualitas Jalan Raya di Jakarta Cukup Layak Sebagai Lintasan Formula E

Sadikin Aksa, menilai, Pemprov DKI Jakarta tidak akan kesulitan membuat sirkuit untuk ajang balap Formula E

IMI Sebut Kualitas Jalan Raya di Jakarta Cukup Layak Sebagai Lintasan Formula E
Istimewa/Facebook Anies Baswedan
Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E pada 2020 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Ikatan Motor Indonesia, Sadikin Aksa, menilai, Pemprov DKI Jakarta tidak akan kesulitan membuat sirkuit untuk ajang balap Formula E.

Pasalnya, ia menganggap, kualitas aspal di sejumlah ruas jalan di Jakarta sudah cukup baik untuk menggelar ajang balap internasional tersebut.

"Lebih dari cukup (kualitas jalan), enggak ada yang bermasalah," ucapnya, Selasa (3/9/2019).

Lebih lanjut ia menambahkan, ajang balap Formula E ini sedikit berbeda dibandingkan ajang Formula 1, dimana event balap ini kerap dihelat di sirkuit-sirkuit jalan raya.

"Formula E ini bukan seperti Formula 1. Dia ini sirkuitnya dua kilo saja dan enggak harus di sirkuit permanen," ujarnya.

Dishub DKI Jakarta Segera Berlakukan Perluasan Ganjil Genap pada 9 September 2019

Pihak Pemprov DKI Jakarta sendiri sudah mewacanakan beberapa lokasi yang akan disulap menjadi arena balap, yaitu kawasan di sekitar Monas dan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Nantinya, tim survei dari penyelenggara Formula E akan datang langsung ke Jakarta untuk meninjau lokasi-lokasi tersebut.

"Usulan rute itu akan datang dari penyelenggara dunia. Mereka akan survei dulu ke Jakarta di lokasi mana yang paling tepat," kata Sadikin.

Untuk pembuatan sirkuit jalan raya pun, Sadikin mengatakan, prosesnya jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan sirkuit permanen.

"Rata-rata formula E ini memang di sirkuit dalam kota dan membuatnya enggak begitu susah. Satu bulan bisa selesai," tambahnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved