Kali Jambe di Tambun Bekasi Dipenuhi Sampah

Marsad (41) yang bermukim di RT04/04 dekat lokasi tumpukan sampah Kali Jambe mengatakan, sampah-sampai ini mulai muncul sejak sekitar tiga bulan lalu

Kali Jambe di Tambun Bekasi Dipenuhi Sampah
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kondisi Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi dipenuhi sampah sekitar 500 meter. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBUN SELATAN - Masalah sampah masih menjadi persoalan yang pelik khususnya di wilayah Bekasi, kali ini pemandangan kumuh terlihat di aliran Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Tumpukan sampah memenuhi permukaan kali yang membentang di kawasan padat penduduk ini. Sampah tersebut diperkiran memiliki panjang sekitar 500 meter dengan didominasi sampah perumahan.

Marsad (41) yang bermukim di RT04/04 dekat lokasi tumpukan sampah Kali Jambe mengatakan, sampah-sampai ini mulai muncul sejak sekitar tiga bulan lalu.

Awalnya, tumpukan tidak sampai mengular hingga 500 meter, namun lama kelamaan, sampah kiriman yang datang membuat kondisi kian parah.

"Baru-baru ini aja, numpuk sampai kaya gini panjang, kalau dulu ada sampah cuma enggak sampai numpuk," ungkap Marsad kepada TribunJakarta.com, Rabu (4/9/2019).

Mayat Pria Berkaos Merah di Depok, Polisi Fokus Cari Identitas Korban

Alasan Simon McMenemy Gunakan 5 Pemain Naturalisasi Saat Tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tumpukan sampah ini didominasi dengan sampah plastik rumah tangga, hampir sebagian besar kondisinya sudah dalam keadaan terbungkus yang diduga dilduga sengaja dibuang langsung ke kali.

"Ini mah emang sengaja dibuang ke kali, udah diplastikan gitu, malah ada yang dikarungin, kalau sampahnya enggak satu-satu dibungkus semua dari perumahan," jelas dia.

Fenomena tumpukan sampah menambah kelam kondisi kali di sejumlah wilayah Bekasi, terkahir kondisi serupa muncul di Kali Bahagia, Kecamatan Babelan. Sampah sepanjang 1,5 meter menumpuk.

Pemerintah Kabupaten Bekasi kemudian melakukan pembersihan dengan menerjunkan ratusan personel dan alat berat. Kini, kondisi Kali Bahagia mulai membaik.

Jauh sebelum femomen tumpukan sampah di Kali Bahagia, hal serupa juga terjadi di aliran Kali Pisang Batu di Kecamatan Tarumajaya Bekasi. Pemeritnah setempat juga telah melakukan pembersihan besar-besaran.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved