Solusi Atasai Sampah Kali Jambe, Camat Minta Tempat Penampungan Sementara

Selain itu kata, untuk program jangka panjang lainnya, Kecamatan Tambun Selatan juga ingin dinas terkait dapat melakukan normalisasi Kali Jambe.

Solusi Atasai Sampah Kali Jambe, Camat Minta Tempat Penampungan Sementara
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Camat Tambun Selatan Iman Santoso saat meninjau lokasi penumpukan sampah di Kali Jambe Bekasi. Jumat (6/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMBUN SELATAN - Tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, mulai dibersihkan hari ini, Jumat (6/9/2019). Imam Santoso camat setempat menginginkan, solusi jangka panjang agar di sekitar kali ditempatkan bak penampungan sementara.

Imam menjelaskan, di kawasan pemukiman dekat Kali Jambe memang minim tempat pembuangan sampah sementara. Hal itu diduga menjadi faktor maraknya warga sekitar kali membuang sampah sembarangan.

Petugas saat melakukan pembersihan tumpukan sampah di Kali Jambe Tambun Selatan Bekasi, Jumat (6/9/2019).
Petugas saat melakukan pembersihan tumpukan sampah di Kali Jambe Tambun Selatan Bekasi, Jumat (6/9/2019). (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

"Kita minta kepada teman-teman Dinas Lingkungan Hidup dari kebersihan supaya nanti ditempatkan tempat sampah bak kontainer, nanti diangkutnya secara periodik," jelas Iman saat dijumpai di Kali Jambe.

Selain itu kata, untuk program jangka panjang lainnya, Kecamatan Tambun Selatan juga ingin dinas terkait dapat melakukan normalisasi Kali Jambe.

"Jadi kalau enggak ada tindak lanjut yang menyeluruh dikhawatirkan timbul seperti ini lagi," kata Iman.

Sang Istri Temukan Suaminya Sudah Tak Bernyawa di Dalam Kos: Sempat Video Call Sebelum Meninggal

Ponsel Gaming Asus ROG Phone 2, Simak Spesifikasi & Keunggulannya: Kapasitas Penyimpanan Capai 1 TB

Sementara itu warga sekitar bernama Junaedi mengatakan, warga di sekitar Kali Jambe memang melakunan aktivitas pembuangan sampah di lokasi-lokasi liar. Lokasi ini berada di sepadan Kali Jambe dan dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Kalau disini ya di bakar aja setiap hari, enggak pernah diankut, di sebelah sana (hulu) juga ada TPS liar," jelas Junaedi.

Dia menambahkan, untuk sampah-sampah yang menumpuk di Kali Jambe di duga berasal dari TPS liar yang berada di hulu sungai. "Kalau yang di sini (hilir) ada juga tempat sampah tapi setiap hari dibakar enggak sampai jatuh ke kali," ujar dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved