Goa Pindul, Wisata Air dalam Goa di Gunung Kidul

Menawarkan aktifitas air di dalam goa, wisata Goa Pindul merupakan kegiatan menyusuri sebuah goa dengan menaiki ban pelampung di atas aliran air.

Goa Pindul, Wisata Air dalam Goa di Gunung Kidul
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Goa Pindul, wisata menyusuri goa di atas aliran air di Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, YOGYAKARTA - Liburan, adalah kegiatan yang paling banyak disukai oleh banyak orang. Setelah penat dengan berbagai tugas yang menumpuk di kantor, liburan menjadi pilihan yang tepat untuk kembali menyegarkan pikiran setelah lelah dengan berbagai urusan.

Goa Pindul, salah satu tempat wisata yang menarik di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Menawarkan aktifitas air di dalam goa, wisata Goa Pindul merupakan kegiatan menyusuri sebuah goa dengan menaiki ban pelampung di atas aliran air.

"Goa ini terbentuk secara alami. Diperkirakan ada sejak berjuta-juta tahun lalu. Tapi dibuka untuk akses wisata baru beberapa tahun belakangan," kata Yanto, salah satu pemandu wisata di Goa Pindul, Yogyakarta.

Goa Pindul sendiri, diperkirakan memiliki panjang hingga 300 meter dengan tingkat kedalaman air yang berbeda-beda. Pada titik-titik tertentu, para pengunjung diperbolehkan untuk turun dari ban dan berenang.

Mulai dari kedalaman sekitar 1 meter, 2 meter, 3,5 meter, bahkan sampai 12 meter di bagian tengah goa. Pada titik ini pengunjung dianjurkan berada di atas ban saja.

Wisata ini pun terbagi menjadi tiga sesi, yakni sesi goa terang, redup, hingga gelap.

Pada sesi gelap, Anda akan menyusuri goa sambil menaiki ban pelampung tanpa ada cahaya sama sekali, kecuali bantuan sebuah senter kecil yang dipegang oleh pemandu wisata.

Namun ketika keluar dari sesi gelap tersebut, ada sebuah lubang di atas goa yang membuat sinar matahari masuk dan menembus hingga ke air yang menggenang. Spot ini, tampak bagus jika dipandang mata.

"Pada sesi gelap bener-bener gak ada cahaya. Di tengah ada spot bahwa pengunjung diperbolehkan turun dari ban pelampung, kalau di awal sesi pengunjung naik di ban saja. Karena kedalamannya ada sampai 12 meter," kata Yanto.

Goa Pindul, terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu/orang.

Setelah itu, Anda juga diwajibkan untuk memilih paket wisata.

Cerita Pak Kumis Driver Gaspol: Awalnya Malu Pakai Helm Gundala Hingga Jadi Sasaran Selfie

Tak Pernah Jera, Sulitnya Menertibkan Pak Ogah di Jalanan

Kebakaran Menghanguskan 5 Rumah di Tangerang: Warga Berkebutuhan Khusus Meninggal Dunia

Adapun paket yang ditawarkan adalah menyusuri Goa Pindul dan Goa Baru Rp 110 ribu, menyusuri Goa Pindul dan rafting di Sungai Oyo Rp 130 ribu, Menyusuri Goa Pindul-Rafting di Sungai Oyo- menyusuri Goa Baru Rp 170 ribu, dan beberapa paket wisata lainnya.

Dengan harga tersebut, sudah termaksud dengan jasa pemandu, asuransi dan peralatan susur gua berupa pelampung, hingga ban karet.

Sebagai informasi, di ujung goa juga terdapat view atau pemandangan alam yang tak kalah bagus daripada wisata air yang terkenal di kota-kota lainnya. Hijaunya pepohonan, air, dan goa yang berdiri kokoh menjadi spot foto yang paling favorit bagi para pengunjung.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved